Kegiatan

Bantuan Masker Untuk Posko Siaga Darurat Covid-19 OKU

Rusmini Wiyati Apr 04, 2020
Penyerahan bantuan masker, handscoen dan handsanitizer di Posko Siaga Darurat Covid-19 Pemkab. OKU

Untuk memenuhi kebutuhan petugas di Posko Siaga Darurat Covid-19 OKU, hari ini (04/04/2020) TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU menyerahkan bantuan masker, handscoen dan handsanitizer kepada masing-masing posko. Bantuan diserahkan secara langsung kepada masing-masing petugas posko, yaitu petugas Posko Induk di halaman Pemkab. OKU, Posko Simpang Batumarta II dan Posko di Lubuk Batang oleh Sekretaris TGC Andi Prapto, SKM, MM.

Petugas posko yang berhadapan langsung dengan para pendatang yang masuk ke Kabupaten OKU ini sangat rentan untuk tertular penyakit covid-19, jika tidak menggunakan APD yang sesuai. Oleh karena itu ketersediaan APD bagi para petugas tersebut sangat diperlukan.

Seperti diketahui bersama bahwa proses penularan covid-19 adalah melalui droplet dari penderita kepada orang lain yang ada di dekatnya, sehingga dengan penggunaan masker bagi penderita maupun bagi orang yang kontak dengannya dapat mengurangi terjadinya penularan virus tersebut.

Selain itu kebiasaan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir minimal selama 20 detik atau menggunakan handsanitizer jika tidak mendapatkan air tetap harus dilaksanakan serta tidak menyentuh bagian muka seperti mata, hidung dan mulut dengan tangan yang kotor.

Jumlah ODP di Kabupaten OKU terus bertambah setiap hari dengan situasi terakhir hari ini berjumah 78 orang. Hal ini berarti bahwa semakin banyak jumlah orang yang dimungkinkan sudah kontak dengan penderita covid-19 dari tempat yang pernah dikunjunginya. Oleh karena itu jalan terbaik untuk mencegah penularan adalah dengan tetap tinggal di rumah dan jangan keluar rumah kecuali untuk keperluan yang sangat penting seperti membeli bahan makanan atau untuk pengobatan serta hindari kerumunan. Jika terpaksa harus keluar rumah gunakan masker dan jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain.