Kegiatan

Bimtek Aplikasi “Si-Pantau Covid19 SS” Dinas Kesehatan Kabupaten OKU

Rusmini Wiyati May 06, 2020
Peserta Bimtek aplikasi “Si-PantauCovid19SS”

Dalam rangka memperkenalkan penggunaan aplikasi “Si-PantauCovid19SS” yang dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan , pada hari Rabu (6/5/2020) diselenggarakan Bimtek aplikasi ini oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan melalui teleconference/video conference secara langsung dari Ruang Rapat Balitbangda Provinsi Sumatera Selatan. Bimtek diikuti oleh seluruh Kepala UPTD Puskesmas se Kabupaten Ogan Komering Ulu sebanyak 18 orang di Ruang Dharma Wanita Dinas Kesehatan Kabupaten OKU.

Aplikasi “Si-PantauCovid19SS” yang dapat diakses melalui smartphone ini digunakan untuk memudahkan pemantauan oleh petugas puskesmas terhadap pelaku perjalanan, OTG, ODP dan PDP serta dapat membantu orang yang harus dipantau memonitor kedisiplinannya.

Setiap pelaku perjalanan dari daerah terinfeksi covid-19 atau yang pernah melakukan kontak erat dengan penderita konfirmasi positif covid-19 harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Pada saat melakukan isolasi mandiri inilah harus dipantau apakah orang tersebut menunjukkan gejala-gejala seperti demam, batuk/pilek atau sesak nafas. Jika kemudian timbul gejala penyakit tersebut, maka harus segera menghubungi puskesmas terdekat.