Kegiatan

Damar Sebimbing, Inovasi Pelayanan Kesehatan UPTD Puskesmas Lubuk Batang

Rusmini Wiyati Jul 22, 2019

Dalam rangka meningkatkan upaya pelayanan kesehatan kepada masyarakat di wilayah kerjanya, salah satu inovasi pelayanan kesehatan di UPTD Puskesmas Lubuk Batang adalah Damar Sebimbing. Damar Sebimbing merupakan kependekan dari Dampingi Anak dan Remaja Sehat Bibir Sumbing. Program ini merupakan keterpaduan dari lintas Program Ramah Anak, Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS), Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dan Perawatan Kesehatan Masyarakat (Perkesmas) dengan penanggung jawab Program Hj. Heltati, AM. Keb.

Hingga saat ini sudah 20 anak dan remaja yang mendapat layanan operasi bibir sumbing gratis di RS Muhammadiyah Palembang atas rujukan dari Program Damar Sebimbing UPTD Puskesmas Lubuk Batang bekerja sama dengan Yayasan  Hj. Romlah.

Saat ini baru masyarakat di wilayah kerja UPTD Puskesmas Lubuk batang saja yang bisa mendapatkan layanan ini dengan syarat menyerahkan foto kopi Kartu Keluarga dan pas foto penderita.


Sebelum                              Sesudah


Diupayakan kedepannya nanti program ini bisa menjangkau semua anak dan remaja di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang memerlukan layanan operasi bibir sumbing gratis. Untuk memudahkan masyarakat OKU di luar wilayah UPTD Puskesmas Lubuk Batang, rencananya pendaftaran layanan ini dapat dilakukan pada acara OKU EXPO yang akan datang di Stan Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu.


(Kontributor : Ikrar Pahmuda, Editor : RW)