Kegiatan

Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Distribusikan Sarana Pencegahan Penularan Covid-19

Rusmini Wiyati Apr 15, 2020
Penyerahan Sarana Pencegahan Penularan Covid-19 kepada UPTD Puskesmas

Untuk menunjang pelaksanaan kegiatan pencegahan penularan covid-19 di Kabupaten OKU  telah didistribusikan sarana yang diperlukan oleh puskesmas berupa hand sprayer, disinfektan dan APD yang  diserahkan oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan Lukman Hakim, SKM, Msi kepada Kepala Tata Usaha Puskesmas se Kabupaten OKU.

Sarana yang didistribusikan ini bersumber dari kegiatan Penyelenggaraan Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular dan Wabah Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Tahun Anggaran 2020.

PPK Pengadaan Barang dan Jasa

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten OKU H. Husni Thamrin, SE, MM  yang disampaikan melalui PPK Pengadaan Barang dan Jasa Kegiatan, Abubakar Abdillah, SE pengadaan peralatan ini terdiri dari :

  1. Peralatan dan mesin yang digunakan untuk kegiatan penyemprotan disinfektan yaitu hand sprayer, mesin semprot high preasure dan bahan-bahan disinfektan yang aman bagi manusia.
  2. Alat Pelindung Diri (APD) terdiri dari sarung tangan, masker bedah, masker N95, sepatu boat dan pakaian APD anti virus.
  3. Peralatan untuk pemeriksaan kesehatan yaitu thermal scaner dan Rapid Test
  4. Bahan kimia hand sanitizer

Sarana yang sudah diterima oleh UPTD Puskesmas ini langsung dipergunakan untuk mendukung kelancaran kegiatan percepatan pencegahan dan penanggulangan penularan covid-19 di Kabupaten OKU antara lain penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum dan pemeriksaan kesehatan para pendatang di Kabupaten OKU.

Kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat-tempat umum masih diperlukan untuk memusnahkan droplet mengandung virus yang menempel pada benda-benda di tempat umum untuk memutus mata rantai penularan. Cara teraman untuk menghindari penularan covid-19 saat ini adalah tetap berada dirumah, menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain jika terpaksa keluar rumah serta segera mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir jika tangan terasa kotor atau setelah memegang benda-benda yang berada di tempat umum.