Kegiatan

Dinas Kesehatan Kab. OKU Distribusikan Rapid Test

Rusmini Wiyati Mar 31, 2020
Tim TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU menyerahkan rapid test kepada Kepala UPTD Labkesda

Untuk mencegah makin meluasnya penyebaran covid-19 di Kabupaten OKU, hari ini (31/03/2020) Dinas Kesehatan Kabupaten OKU mulai mendistribusikan rapid test ke UPTD Labkesda dan RSUD Ibnu Sutowo agar segera dapat digunakan untuk melakukan pemeriksaan. Rapid test yang didistribusikan ini berasal dari Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Selatan.

Mengingat jumlah rapid test yang diterima sangat terbatas, maka sasaran utama untuk tahap pertama ini adalah pasien dalam pengawasan (PDP) yang mengalami gejala lebih dari 3 hari. Metode pemeriksaan rapid test atau tes cepat menggunakan sampel darah untuk menguji keberadaan antibodi terhadap virus corona di dalam tubuh orang yang diperiksa.

Penyerahan rapid test dari Tim TGC Dinas Kesehatan Kabupaten OKU kepada pihak RSUD Ibnu Sutowo Baturaja

Keunggulan rapid test ini adalah prosesnya yang relatif cepat dan lebih praktis. Cukup dengan meneteskan darah pada kit kemudian dicampur dengan reagen tertentu maka segera akan diketahui apakah tubuh seseorang yang diperiksa menghasilkan antibodi terhadap virus corona atau tidak.

Sedangkan kelemahannya adalah bukan virusnya yang dideteksi, tapi keberadaan antibodi yang dihasilkan untuk melawan virus ini yang dideteksi. Untuk orang yang baru saja terkena infeksi tapi belum menunjukkan gejala (ada riwayat kontak dengan penderita positif corona) jika diperiksa bisa saja hasil rapid testnya menunjukkan hasil yang negatif karena antibodi ini baru terakumulasi setelah beberapa hari terinfeksi sehingga perlu dilakukan tes ulang setelah 6-7 hari dari tes yang pertama untuk memastikan bahwa hasilnya memang benar-benar negatif.

Keberadaan antibodi di dalam darah dibentuk oleh tubuh ketika benda asing termasuk virus masuk ke tubuh kita, kemudian antibodi ini akan diedarkan oleh darah ke seluruh tubuh. Dengan mendeteksi adanya antibodi di dalam darah itulah maka  rapid test ini dapat mendeteksi keberadaan virus corona pada seseorang yang diperiksa.