Kegiatan

Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Selenggarakan Rapid Test Untuk Anggota KPPS

Rusmini Wiyati Dec 05, 2020
Pemeriksaan rapid test bagi anggota KPPS di Kabupaten OKU

Untuk menjamin pelaksanaaan pilkada serentak yang memenuhi standar protokol kesehatan, salah satu upaya yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten OKU adalah melakukan rapid test bagi anggota KPPS yang akan menyelenggarakan pilkada serentak pada tanggal 9/12/2020 mendatang.

Pemeriksaan rapid test di aula UPTD Puskesmas Sekarjaya

Rapid test dilakukan sebagai upaya antisipasi agar jika nantinya diketahui ada anggota KPPS yang ternyata reaktif covid-19 dapat segera diambil tindakan pencegahan seperlunya sehingga tidak terjadi penularan kepada anggota KPPS yang lain maupun masyarakat yang akan melakukan pencoblosan di TPS.

Penyelenggaraan rapit test ini dilaksanakan di seluruh puskesmas Kabupaten OKU selama dua hari yaitu Hari Rabu dan Kamis (2-3 Desember 2020), demikian juga di UPTD Puskesmas Sekarjaya.

Pemeriksaan rapid test di UPTD Puskesmas Sekarjaya dihadiri Camat Baturaja Timur

Pemeriksaan rapid test di UPTD Puskesmas Sekarjaya dilakukan terhadap 363 orang anggota KPPS dari 4 desa/kelurahan di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sekarjaya, yaitu Kelurahan Sekarjaya, Kelurahan Baturaja Permai, Desa Terusan dan Desa Tanjung Kemala dimulai pukul 07.30 WIB sampai selesai, di aula UPTD Puskesmas Sekarjaya. Selain anggota KPPS yang akan diperiksa, pada kesempatan ini turut hadir Lurah Sekarjaya dan Camat Baturaja Timur untuk memantau pelaksanaan rapid test terebut.

Walaupun seluruh anggota KPPS sebagai penyelenggara pilkada serentak telah dilakukan rapid test dan telah dilakukan antisipasi agar tidak terjadi penularan, kepada masyarakat yang akan melakukan pencoblosan tetap dihimbau agar mematuhi protokol kesehatan, yaitu menggunakan masker, membawa alat tulis sendiri, datang ke TPS sesuai jadwal, tidak berkerumun di area TPS dan segera pulang setelah melakukan pencoblosan. Demikian juga pada saat berada di TPS hendaknya para pemilih mencuci tangan pakai sabun sebelum memasuki area TPS, menggunakan sarung tangan plastik yang diberikan oleh petugas dan mencuci tangan pakai sabun kembali pada saat meninggalkan TPS. (Kontributor : Ansori, SKM, Kepala Tata Usaha UPTD Puskesmas Sekarjaya)