Kegiatan

Dinas Kesehatan OKU melaksanakan Skrining Penyakit tidak Menular di seluruh OPD Lingkungan Pemerintah Kabupaten OKU

Rusmini Wiyati Sep 26, 2019

Kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) semakin meningkat dan akan terus meningkat seiring dengan pola hidup tidak sehat (diet tidak seimbang, kurang aktivitas fisik, merokok, minum alcohol dan stress). Penderita seringkali tidak menyadari jika dirinya sudah terkena Penyakit Tidak Menular. Penyakit tidak memberikan gejala bagi penderitanya dan sangat sulit disembuhkan secara total apabila kondisi penyakit sudah sampai tahap akhir, dan biaya berobat pun sangat tinggi. Oleh karena itu upaya terbaik adalah dengan melakukan upaya preventif terhadap kejadian penyakit tidak menular melalui pengendalian faktor risikonya. Salah satunya dengan melakukan pemeriksaan/ screening/deteksi dini.

Sehubungan dengan hal tersebut, Dinas Kesehatan OKU melalui Bidang P2P seksi PTM Keswa mengadakan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular (PTM) secara mobile di 25 OPD di lingkup Pemerintah OKU. Kegiatan ini dilaksakana dari tanggal 11 September 2019 hingga 25 September 2019. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh pegawai di lingkup Pemerintah Kab OKU.

Kegiatan ini berupa pelayanan pemeriksaan secara gratis yaitu:

1. Wawancara mengenai riwayat penyakit tidak menular, diantaranya adalah riwayat penyakit hipertensi, penyakit diabetes melitus dan penyakit asam urat.

2. Wawancara mengenai aktifitas fisik dan makanan bergizi, diantaranya apakah telah melakukan aktifitas fisik minimal 30 menit setiap hari dan mengkonsumsi makanan yang bergizi, beragam dan berimbang serta memenuhi kecukupan porsi sayur dan buahnya.

3. Pengukuran IMT dengan cara menghitung berat badan dalam satuan kg/ ( tinggi badan X tinggi badan) dalam satuan meter

4. Pemeriksaan tekanan darah, gula darah, kolesterol dan kadar asam urat dalam darah.

(Pemeriksaan Kesehatan di Dinas Pemadam Kebakaran)
(Pemeriksaan Kesehatan di BKPSDM OKU)