Berita

Disiplinkan Masyarakat Pelaku Ekonomi Untuk Memakai Masker Agar Tetap Sehat Dan Ekonomi Pulih Di Era Covid-19.

Elya MPh Aug 16, 2020
Gerakan pendisiplinan pakai masker di pasar tradisional KM. 5 Palembang dipimpin langsung oleh Ka Dinkes Provinsi Sumatera Selatan Dra. Lesty Nurainy, APT, M.Kes.

Gerakan untuk  memulihkan perekonomian masyarakat dimasa COVID-19, pemerintah telah  memulai menerapkan adaptasi kebiasaan baru dengan persyaratan tertentu. Persyaratan ini lah yang dimaksudkan  dengan tatanan baru, yaitu sebuah upaya untuk memulihkan atau membangkitkan ekonomi rakyat. Walau di masa COVID-19 ekonomi masyarakat harus tetap berfungsi, agar kebutuhan hidup terpenuhi dan melanjutkan kehidupan  di masa  COVID-19.

Untuk melanjutkan aktifitas dan membangkitkan ekonomi di masa pandemi, kembali pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggelar aksi terpadu untuk mendispilinkan  masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan, khususnya protokol kesehatan di pasar tradisional. Aksi terpadu gabungan ini terdiri dari Dinas Kesehatan Provinsi , TNI, Polri, Pemda Provinsi Sumatera Selatan, Pemerintah Kota Palembang, BNPB dan isntansi terkait.

Contoh cara pemakaian masker yang benar kepada pengunjung pasar yang tidak menggunakan masker

Aksi terpadu ini dilakukan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bahwa COVID-19 masih ada di sekitar kita,  bisa diputus rantai penularannya hanya dengan cara disiplin menggunakan masker dengan baik, dan selalu cuci tangan pakai sabun (selalu membawa hand sanitizer)  dengan air mengalir serta jaga jarak . Pada kesempatan ini diberikan masker kepada yang tidak membawa masker serta dicontohkan cara menggunakan masker yang benar.

Berkaitan dengan aksi ini juga dilakukan promosi kesehatan tentang pencegahan COVID-19. Sebagai upaya perlindungan kepada masyarakat diutamakan peran serta  masyarakat  untuk melawan COVID-19. Diperlukan tekat dan semangat yang kuat dari masyarakat untuk hidup sehat dengan tatanan kehidupan baru yaitu selalu menggunakan masker dimanapun, kapanpun terutama saat keluar rumah. Selalu jaga jarak  dan cuci tangan dengan  sabun menggunakan air mengalir, segera membersihkan diri setelah bepergian, menggunakan etika batuk saat batuk dan bersin serta membawa peralatan pribadi sendiri saat berada diluar rumah.