Pembentukan Dokter Kecil dan Kader Kesehatan di Sekolah

Email Cetak PDF

Program UKS  adalah upaya terpadu lintas program dan lintas sektoral,  dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah yang berada di sekolah dan Madrasah Ibtidaiyah. Kegiatan UKS dilaksanakan berdasarkan pada 3 Program UKS yang di sebut dengan TRIAS UKS, 1) Pendidikan Kesehatan, 2) Pelayanan Kesehatan, 3) Pembinaan lingkungan sekolah sehat. Pelaksanaan UKS disekolah dilaksanakan secara terpadu dari berbagai lintas sektor terkait yaitu Pendidikan Nasional, Dinas Kesehatan, Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah. Salah satu ciri sudah telaksananya kegiatan UKS disekolah adalah telah terbentuk Dokter Kecil dan Kader kesehatan Remaja.

 

Dokter Kecil/Kader Kesehatan remaja adalah siswa sekolah dasar dan siswa di jenjang SMP/ SMA  yang dipilih guru sebagi kader kesehatn di sekolah. Jumlah dokter kecil / kader kesehatan remaja 10 % dari jumlah sekolah siswa yang ada di sekolah yang bersangkutan. Dokter kecil / Kader kesehatan remaja ini bertujuan untuk menjadikan siswa terpilih sebagai contoh dan koordinator dalan pelayanan kesehatan sederhana disekolah. Siswa memliki ketrampilan perilaku yang sehat, menerapkan gaya hidup yang sehat baik di rumah tangga maupun di sekolah. Selanjutnya para kader kesehatan / dokter kecil yang telah dilatih mampu memotivasi teman -teman sebaya. Untuk tahun 2019 sekolah yang dilatih SDN 49 OKU, SDN 135 SMPN 03 OKU dan SMK 2 OKU, para dokter dilatih pertolongan terhadap penderita kecelakaan atau penderita penyakit  dan menilai status gizi teman sebaya.

 

Selanjutnya dokter kecil atau kader kesehatan bertugas dan diserahi tanggung jawab sesuai kepeminatannya, seperti ada duta jentik artinya kader/dokter mengawasi lingkungan sekolah dari jentik nyamuk, dengan pelaksanaan 3 M Plusnya.  Duta kantin ini bertugas mengamati jenis makanan yang di jual dikantin apakah memenuhi persayaratan hygine dan menu gizi seimbang. Duta harus mengingat apakah makan tertutup atau sudah kadaluarsa. Peran kader inilah diharapkan dapat memotivasi warga sekolah untuk menerapkan PHBS di Sekolah. Adapun sekolah yang telah dibentuk dokter kecil oleh dinas Kesehatan Kabupaten yang dilaksanakan bidang kesehatan masyarakat adalah SDN 49 OKU, SDN 135 OKU SMPn 03 OKU dan SMK N 2 OKU.

Penulis: Elya, MPh