Informasi Publik

Kasus Konfirmasi Positif Pertama di Kabupaten OKU Dinyatakan Sembuh

Rusmini Wiyati Apr 26, 2020

Kasus Konfirmasi pertama (Kasus 1) dari Kabupaten Ogan Komering Ulu yang telah dirawat di RSMH Palembang selama lebih dari satu bulan akhirnya dinyatakan sembuh setelah dilakukan tiga kali pemeriksaan swab dengan hasil negatif. Kesembuhan Kasus 1 ini dapat memberikan harapan bagi penderita konfirmasi positif yang lain.

Situasi terakhir di Kabupaten OKU sudah didapatkan 9 kasus konfirmasi positif, 77,8% diantaranya merupakan orang tanpa gejala yang merupakan kontak erat dari penderita. Seluruh kasus konfirmasi positif berada di Kecamatan Baturaja Timur. Walaupun baru satu kecamatan saja yang ditemukan penderita positif covid-19, akan tetapi kegiatan pencegahan penularan penyakit ini tetap harus dilaksanakan oleh seluruh masyarakat di seluruh wilayah Kabupaten OKU

Upaya terbaik saat ini untuk mencegah penuluaran covid-19 adalah dengan mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, tetap berada di rumah, gunakan masker jika terpaksa keluar rumah dan menjaga jarak minimal 1,5 meter dari orang lain serta hindari kerumunan orang. Karena kita tidak pernah tahu apakah orang yang berada di dekat itu merupakan OTG atau bukan.

Selain itu agar tidak menularkan covid-19 kepada orang lain, hendaknya orang yang pernah melakukan kontak erat dengan kasus konfirmasi positif selalu menggunakan masker baik di dalam rumah maupun di luar rumah. Lindungi diri, keluarga dan sesama dari penularan covid-19.