Kegiatan

Konfirmasi Positif Covid-19 OKU Bertambah Lagi

Rusmini Wiyati Apr 06, 2020
Rozali, SKM, MM Juru bicara TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU

Dua orang warga Kabupaten Ogan Komering Ulu dinyatakan positif covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan sampel oleh BTKL-PP Palembang. Dua orang ini merupakan konfirmasi baru dan bukan berasal dari PDP yang sudah ada. Keduanya dalam kondisi baik dan saat ini tengah menjalani isolasi mandiri. Informasi resmi ini dinyatakan oleh Juru Bicara TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Rozali, SKM, MM hari ini (6/4/2020).

Selanjutnya disampaikan bahwa dengan bertambahnya kasus baru ini akan segera dilakukan tracking dan pemeriksaan sampel kepada orang-orang yang pernah kontak dengan penderita tersebut untuk mengetahui apakah sudah terjadi penularan virus kepada kontak eratnya.

Sampai saat ini perkembangan kasus virus covid-19 di Kabupaten OKU terdapat tiga orang konfirmasi positif covid-19, tiga orang pasien dalam pengawasan (PDP) dan delapan puluh empat (84) orang dalam pemantauan (ODP). Dari 84 ODP tersebut 23 orang (27%) telah selesai menjalani pemantauan dan semuanya dalam kondisi sehat.

Dengan semakin bertambahnya penderita positif covid-19 di Kabupaten OKU ini menuntut kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan social distancing dengan tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting seperti membeli bahan makanan dan pengobatan, menghindari kerumunan, dan selalu menggunakan masker jika terpaksa berada di luar rumah. Waspadai orang dengan covid-19 yang tidak bergejala dengan senantiasa menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter jika berada di luar rumah.