Kegiatan

Kontak Erat Kasus Positif Covid-19 Kabupaten OKU Diperiksa Sampel

Rusmini Wiyati Apr 22, 2020
Satgas Lab Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU bersama Litbangkes Baturaja di UPTD Labkesda siap mengambil sampel

Hari ini, Rabu (22/4/2020) Tim TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU kembali melakukan pengambilan sampel pemeriksaan kepada kontak erat kasus positif covid-19. Sebanyak 10 sampel diambil untuk dikirim ke BBLK Palembang agar dapat dilakukan analisa. Pengambilan sampel dilakukan oleh Satgas Lab Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU bersama Litbangkes Baturaja di UPTD Labkesda.

Sebelumnya juga telah dilakukan pengambilan sampel PDP yang dirawat di RSUD Ibnu Sutowo pada hari Rabu (15/4/2020) lalu. Pengambilan sampel dilakukan oleh petugas laboratorium RSUD Ibnu Sutowo Baturaja untuk dilakukan analisis di BBLK Palembang.

Sampel yang diambil oleh Petugas Laboratorium RSUD Ibnu Sutowo siap dikirim ke BBLK Palembang

Perkembangan terakhir saat ini di Kabupaten OKU setelah dilakukan pemantauan selama satu bulan mulai dari tanggal 22 Maret 2020, dari 118 ODP yang terdata, 96% telah selesai menjalani pemantauan dengan kondisi sehat. Jumlah PDP yang terdata sebanyak 5 orang, 40% sudah selesai menjalani pengawasan dengan hasil pemeriksaan swab negatif dan kondisi sehat sedangkan kasus konfirmasi positif sebanyak 7 orang.

Tetap berada di dalam rumah, gunakan masker dan jaga jarak minimal 1 meter dari orang lain jika terpaksa berada di luar rumah, segera cuci tangan pakai sabun dan air mengalir minimal 20 detik atau menggunakan handsanitizer jika tidak tersedia air untuk mencegah penularan covid-19 karena kita tidak tahu apakah orang-orang disekitar kita sudah terinfeksi covid-19 atau tidak.

Tetap menjaga kesehatan dengan makan makanan yang bergizi, aktifitas dan istirahat yang cukup, berfikiran yang positif serta senatiasa berdoa agar pandemi covid-19 ini segera berakhir.