Informasi Publik

Mengenal Orang Tanpa Gejala (OTG)

Rusmini Wiyati Jun 02, 2020
Gambar oleh : Kemenkes RI

Orang Tanpa Gejala (OTG) adalah mereka yang tidak menunjukkan gejala terinfeksi virus corona, tetapi pernah melakukan kontak erat dengan orang yang positif terinfeksi virus corona.

Untuk memastikan apakah OTG tersebut sudah terinfeksi virus corona, sebaiknya dilakukan pemeriksaan rapid test dan segera lakukan isolasi mandiri di rumah minimal selama 14 hari.

Agar keluarga di rumah tidak tertular virus yang kemungkinan sudah menginfeksi OTG tersebut, maka harus selalu menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter dari anggota keluarga yang lain di dalam rumah.

Apabila anda termasuk OTG, silahkan melapor kepada Ketua RT/RW/Puskesmas melalui telepon. Bila mereka mendatangi rumah anda, gunakan masker dan selalu menjaga jarak minimal 1 meter pada saat kontak dengan mereka.

Sampaikan informasi dengan benar kepada petugas kesehatan tanpa ada yang disembunyikan, karena informasi anda akan sangat membantu untuk mendapatkan penanganan yang tepat .

Jangan panik, jika kemudian merasa timbul gejala-gejala seperti demam, batuk/pilek atau sesak nafas, segera hubungi puskesmas terdekat melalui telepon.

Jika anda OTG jangan cuek!!!

Kesadaran anda untuk segera melakukan isolasi mandiri dan melapor kepada petugas, merupakan wujud kepedulian anda terhadap kesehatan diri sendiri, keluarga dan sesama serta menjadi kontribusi yang nyata dalam upaya menurunkan penularan virus corona di Kabupaten OKU.