Artikel Kesehatan

Pelaksanaan Reakreditasi Puskesmas Kabupaten OKU Tahun 2019

Rusmini Wiyati Oct 14, 2019

Sesuai Amanat Permenkes No. 46 Tahun 2015 tentang Akreditasi Puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter, dan tempat praktik mandiri dokter gigi bahwa Puskesmas dan klinik pratama akan diakreditasi setiap 3 tahun sekali.

Puskesmas di Kabupaten Ogan Komering Ulu yang telah mendapat penilaian Akreditasi Puskesmas di tahun 2016 maka di tahun 2019 ini mendapatkan penilaian akreditasi kembali. Ke-empat puskesmas tersebut adalah UPTD Puskesmas Tanjung Agung di Kecamatan Baturaja Barat, UPTD Puskesmas Penyandingan di Kecamatan Sosoh Buay Rayap, UPTD Puskesmas Lubuk Batang di Kecamatan Lubuk Batang dan UPTD Puskesmas Kemalaraja di Kecamatan Baturaja Timur (03 sd 05/10/2019)

 

Penilaian akreditasi dilaksanakan paling lambat 1 bulan sebelum masa berlaku sertifikat habis dengan Proses pengajuan sama dengan proses pengajuan survei yang pertama.

 

Dalam penilaian ini Surveyor melihat apakah rekomendasi  yang diberikan oleh surveyor pada penilaian sebelumnya sudah ditindaklanjuti seluruhnya. Surveyor juga memeriksa apakah semua dokumen regulasi yang disusun sudah memenuhi persyaratan tata naskah dan sudah direview minimal satu kali atau sesuai dengan kebutuhan dan perubahan peraturan perundangan.

Telusur difokuskan pada implementasi setahun terakhir tetapi ada juga beberapa hal yang  dilihat pada tahun-tahun sebelumnya.

Surveyor yang melakukan penilaian di UPTD Puskesmas Kemalaraja adalah Syafrinarti, SKM, MM (Bidang Admen), dr. Ramaya Siregar (Bidang UKP) dan dr. Azwar Djauhari, MSc (Bidang UKM).

Di UPTD Puskesmas Penyandingan adalah Vera Herlina, SKM (Bidang Admen), dr. Ridwan Mauli Siregar, MKM (Bidang UKP) dan Herlyn Rahmola, SKM, M. Si (Bidang UKM). Untuk UPTD Puskesmas Tanjung Agung adalah drg Ricky Marcello, MARS (Bidang Admen), dr Airi, MKKK (Bidang UKP) dan Syafrenelsar, SKM, MPPM (Bidang UKM). Sedangkan UPTD Puskesmas Lubuk Batang adalah dr. Nany Syuryati Rasyid, M. Kes (Bidang Admen), dr. Efrida Aziz, M. Sc (Bidang UKP) dan dr. Dasmiwarita, M. Kes (Bidang UKM).