Kegiatan

Pelaksanaan Upaya Kesehatan UPTD Puskesmas Lubuk Rukam di Era Pandemi

Dedy Munandar Jul 15, 2020
UPTD Puskesmas Lubuk Rukam

Di dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat dijelaskan bahwa Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah kerjanya.

Upaya kesehatan esensial yang harus diselenggarakaan di Puskesmas, meliputi pelayanan promosi kesehatan, pelayanan kesehatan lingkungan, pelayanan kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana, pelayanan gizi, pelayanan pencegahan dan pengendalian penyakit. Selain dari pada itu, puskesmas juga melaksanakan upaya kesehatan masyarakat pengembangan yaitu upaya kesehatan masyarakat yang kegiatannya memerlukan upaya yang sifatnya inovatif dan atau bersifat ekstensifikasi dan intensifikasi pelayanan, disesuaikan dengan prioritas masalah kesehatan.

Dalam Peraturan Menteri Kesehatan No 39 Tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga, Program Indonesia Sehat dilaksanakan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan financial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Untuk melaksanakan Program Indonesia Sehat diperlukan pendekatan keluarga yang mengintegrasikan UKP dan UKM secara berkesinambungan dengan target keluarga berdasarkan data dan informasi dari Prokesga.

Pada kondisi pandemi saat ini, pelaksanaan upaya kesehatan di puskesmas baik UKP maupun UKM perlu dilakukan modifikasi dalam pelaksanaannya, karena kunjungan masyarakat ke puskesmas berkurang. Demikian juga kegiatan-kegiatan UKM yang lain seperti posyandu, kelas ibu, posbindu beberapa bulan yang lalu juga ditiadakan. Hal ini mengakibatkan capaian program akan menurun secara signifikan, demikian juga yang dialami oleh UPTD Puskesmas Lubuk Rukam.

Untuk meningkatkan cakupan program terutama yang berhubungan dengan 12 indikator SPM, UPTD Puskesmas Lubuk Rukam meningkatkan lagi kegiatan kunjungan rumah penduduk di wilayah kerja puskesmas yang diberi tag line Pelakor PIS-PK yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2019.

Kunjungan Rumah PIS-PK Terintegrasi dengan Perawatan Kesehatan masyarakat

Menyikapi suasana pandemi covid-19 ini, kegiatan kunjungan rumah dengan 12 indikator PIS-PK terintegrasi perawatan kesehatan masyarakat ini lebih diefektif dan diefisiensikan lagi kegiatannya yaitu selain melakukan intervensi masalah kesehatan keluarga yang diperoleh dari pendataan PIS-PK juga untuk memberikan pelayanan yang dibutuhkan oleh masing-masing individu dari keluarga yang dikunjungi yang tidak bisa diperoleh di puskesmas, posyandu maupun posbindu. Misalnya jika di rumah tersebut ada ibu hamil yang memerlukan pemeriksaan (ANC) langsung diberikan oleh bidan yang melakukan kunjungan rumah, demikian juga jika ada bayi yang harus diimunisasi, langsung diberikan imunisasi oleh petugas yang sebelumnya telah dipersiapkan oleh petugas lintas program.

Kunjungan Rumah PIS-PK terintegrasi dengan pelayanan ibu nifas dan imunisasi

Pelaporan hasil kegiatan kunjungan rumah yang dilakukan secara terintegrasi ini langsung didistribusikan kepada seluruh program yang bersangkutan, sehingga kegiatan kunjungan rumah dalam rangka intervensi PIS-PK sekaligus juga dapat meningkatkan cakupan kunjungan program lainnya.

Semua keluarga dan anggota keluarga yang terdaftar di form C1 wilayah Puskesmas Lubuk Rukam yaitu di Desa Bindu, Desa Lubuk Rukam, Desa Espe Tiga, Desa Durian, Desa Belimbing, Desa Kedondong dan Desa Kepayang yang memiliki masalah kesehatan menjadi sasaran kegiatan kunjungan rumah ini.

Diharapkan walaupun saat ini kegiatan UKM yang mengumpulkan masa seperti posyandu dan posbindu belum dapat dilakukan secara optimal, akan tetapi target cakupan program kesehatan di UPTD Puskesmas Lubuk Rukam harus tetap dapat dicapai. (Editor : Rusmini Wiyati / Contributor : Dedy Munandar, SKM Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Rukam)