Kegiatan

Pelayanan Imunisasi UPTD Puskesmas Kemalaraja di Masa Pandemi

Septiani AM. Kep Jul 20, 2020
Pemberian imunisasi polio pada bayi

Setelah terjadi perubahan status peta percepatan penaganan covid-19 Kabupaten OKU dari zona merah menjadi zona kuning (wilayah dengan risiko penularan rendah), serta sesuai dengan Petunjuk Teknis Pelayanan Imunisasi pada Masa Pandemi Covid-19 Kemenkes RI tahun 2020 dan Surat dari Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor : 445/683/XVI/3.2/2020 tentang kegiatan pelayanan posyandu program imunisasi, maka UPTD Puskesmas Kemalaraja kembali menyelenggarakan pelayanan imunisasi pada balita di posyandu mulai bulan Juli 2020 setelah selama tiga bulan masa pandemi hanya memberi pelayanan imunisasi di puskesmas/pustu/poskesdes saja.

Kepala UPTD Puskesmas Kemalaraja, dr. Hj. Susy Prihatiningsih mengatakan jumlah posyandu di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kemalaraja sebanyak 23 posyandu, 8 posyandu berada di Kelurahan Kemalaraja, 7 posyandu di Kelurahan Baturaja Lama dan 8 posyandu di Kelurahan Pasar Baru. Seluruh posyandu mulai aktif kembali dalam memberikan pelayanan imunisasi kepada balita dimana pelayanan diselenggarakan sesuai dengan prinsip Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). Imunisasi dasar dan lanjutan pada balita tetap diupayakan lengkap dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal untuk melindungi anak dari penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) seperti difteri, pertusis, campak, polio, tetanus dan hepatitis B.

Sebelum usia satu tahun setiap bayi harus mendapatkan imunisasi dasar lengkap

Imunisasi dasar lengkap merupakan penyuntikkan vaksin tertentu yang diberikan kepada bayi sesuai dengan usianya, yaitu :

  1. Bayi berusia kurang dari 24 jam: imunisasi Hepatitis B (HB-0)
  2. Bayi usia 1 bulan: BCG dan Polio 1
  3. Bayi usia 2 bulan: DPT-HB-Hib 1, Polio 2, dan Rotavirus
  4. Bayi usia 3 bulan: DPT-HB-Hib 2 dan Polio 3
  5. Bayi usia 4 bulan: DPT-HB-Hib 3, Polio 4, IPV atau Polio suntik, dan Rotavirus
  6. Bayi usia 9 bulan: Campak atau MR

Pemberian imunisasi dasar lengkap saja tidak cukup. Anak juga harus melakukan imunisasi rutin lengkap dengan melanjutkan jadwal imunisasi dasar dengan imunisasi lanjutan. Untuk imunisasi lanjutan bagi bayi di bawah 2 tahun, hanya ada imunisasi DPT-HB-Hib dan campak/MR yang diberikan saat usianya 18 bulan. Setelah itu, anak kelas 1 SD atau sederajat kembali diberikan imunisasi DPT (vaksin DPT tanpa pertusis) dan MR. Terakhir, anak kelas 2 SD atau sederajat diberikan vaksin Td (mirip dengan vaksin DPT)

Penyelenggaraan pelayanan imunisasi di posyandu di masa pandemi covid-19 ini diselenggarakan setelah berkoordinasi dengan lintas sektor terkait guna penerapan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya cluster baru covid-19 di posyandu. Seluruh posyandu harus melaksanakan pelayanan sesuai dengan protokol kesehatan diantaranya:

  1. Tersedianya tempat cuci tangan/ hand sanitizier
  2. Seluruh petugas kesehatan, kader dan peserta posyandu harus menggunakan masker
  3. Dilakukan skrining cek suhu tubuh
  4. Menjaga jarak aman minimal minimal 1 meter serta menghindarkan terjadinya kerumunan.
Penerapan protokol kesehatan sebelum memasuki area posyandu

Diharapkan dengan mulai aktifnya kembali pelayanan imunisasi di posyandu maka target pelayanan Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) 93% dan UCI desa 92% tetap dapat dipertahankan , sehingga dapat memberikan perlindungan kelompok bagi balita yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Kemalaraja. Editor : Rusmini Wiyati/Kontributor : Septiani, AM. Kep