Artikel Kesehatan

PELAYANAN KESEHATAN BERGERAK DI DUSUN TANJUNG SARI (TALANG TANJUNG SARI) WILAYAH PUSKESMAS LUBUK BATANG KECAMATAN LUBUK BATANG

Rusmini Wiyati Sep 10, 2019

Penguatan pelayanan Kesehatan masyarakat yaitu dengan  diluncurkan Program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga.  Program ini sangat  tepat untuk dapat mengukur  Indek keluarga Sehat, yang di ukur dengan 12 Indikator.  Pelayanan Kesehatan bergerak ini bertujuan untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang ada di pedalaman,  atau yang jauh dari  sarana Pelayanan kesehatan . Pelayanan kesehabtan dilaksanakan dalam bentuk Tim yaitu Provinsi, Kabupaten dan di bantu petugas Puskesmas

 

Pengintegrasian PIS-PK dengan Pelayanan kesehatan Bergerak adalah merupakan pengimplementasi PIS-PK dalam pelayanan kesehatan termasuk UKP dan UKM.  Dari data hasil PIS-PK,  intervensi  Dinas kesehatan Provinsi, Dinas Kesehatan Kabupaten OKU dan Puskesmas Lubuk Batang  menggelar Pelayanan Kesehatan  Bergerak  berupa pengobatan gratis  di Dusun Tanjung Sari.  Dusun Tanjung Sari ini ditempuh melewati perairan dan dilanjutkan dengan kendaraan roda dua (ojek)  atau mobil (sewa).

 

Antusiasnya masyarakat menerima pelayanan disambut oleh kepala desa dan TP. PKK desa terlihat banyak warga yang hadir  mulai dari anak usia sekolah, usia produktif dan lansia, masyarakat sangat antusias. Permasalahan lain yang muncul di Dusun Tanjung  Sari adalah minimnya sarana pendidikan,  hanya ada satu sekolah SD swasta dan  semua tenaga pendidiknya non PNS.

Pelayanan Kesehatan Bergerak  dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Provinsi, dan petugas Puskesmas lubuk batang,  dan dibantu kader – kader kesehatan di wilayah tanjung Sari. Dengan bentuk pelayanan kesehatan berupa :

  1. Pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan.
  2. Pelayanan Kesehatan gigi dan pencabutan gigi.
  3. Penyuluh Kesehatan

Pelayanan ini diharapkan dapat berlanjut berulang minimal 3 kali dalam setahun. Dengan pelayanan ini diharapkan dapat melakukan pemerataan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang berada di pedalaman ataupun talang- talang.

Penulis: Elya, MPh