Kegiatan

Pembentukan Posyandu Talang Kemang Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Lubuk Rukam

Dedy Munandar Jul 22, 2020
Pelayanan kesehatan pada balita di Posyandu Talang Kemang

Posyandu adalah salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. Menurut A.A. Gde Muninjaya ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerja Puskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).

Saat ini masyarakat sudah semakin menyadari manfaat dari keberadaan posyandu, demikian juga dukungan dari pemerintahan desa terhadap posyandu. Dengan adanya dana desa yang dapat digunakan untuk membiayai sektor kesehatan, keberlangsungan kegiatan posyandu yang didukung dana desa lebih terjamin.

Pelayanan kesehatan pada lansia di Posyandu Talang Kemang

Keberadaan posyandu di Kabupaten OKU tidak hanya di desa-desa saja, bahkan di beberapa puskesmas pembentukan posyandu sudah sampai ke talang-talang. Talang dalam bahasa daerah OKU adalah pemukiman sekelompok masyarakat yang berkebun dengan jarak yang cukup jauh dari desa. Akses jalan biasanya cukup sulit untuk dijangkau, sehingga masyarakat di Talang hanya sesekali saja turun ke desa. Kondisi ini menyebabkan kebutuhan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Talang terutama kelompok yang rentan seperti balita, ibu hamil dan lanjut usia kurang terpenuhi.

Deteksi dini penyakit tidak menular pada usia produktif di Posyandu Talang Kemang

Menyadari kondisi tersebut Kepala Desa Bindu beserta perangkat desa dengan difasilitasi pihak UPTD Puskesmas Lubuk Rukam mengadakan rembug desa (8/7/2020) untuk melakukan persiapan pembentukan posyandu di Talang Kemang wilayah administratif Desa Bindu. Talang Kemang berjarak kurang lebih 8 km dari pusat Desa Bindu dan 9 km dari lokasi Puskesmas Lubuk Rukam dengan jumlah penduduk 331 orang (97 KK) terdapat bayi 6 orang, balita 42 orang dan ibu hamil 9 orang.

Kegiatan posyandu perdana dilaksanakan (14/7/2020) dengan pelayanan terintegrasi meliputi pelayanan ibu hamil, pelayanan kesehatan balita, deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) pada usia produktif dan pelayanan kesehatan lansia.

Kepala Desa Bindu dan Ka UPTD Puskesmas Lubuk Rukam hadir pada penyelenggaraan perdana Posyandu Talang Kemang

Hadir dalam kegiatan posyandu perdana ini Kepala Desa, Ketua TP PKK, BPD dan Perangkat Desa Bindu. Sedangkan dari UPTD Puskesmas Lubuk Rukam hadir Kepala UPTD Puskesmas, Kepala Tata Usaha, dokter, dokter gigi, perawat, bidan dan tenaga gizi untuk memberikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat di Talang Kemang. Selanjutnya kegiatan posyandu ini akan terus dilaksanakan tiap tanggal 14 setiap bulan, jika ada perubahan jadwal karena bertepatan dengan hari libur, maka pelaksanaan posyandu dilaksanakana pada satu hari berikutnya.

Editor : Rusmini Wiyati / Kontributor : Dedy Munandar, SKM (Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Rukam)