Kegiatan

Pencanangan Vaksinasi Covid-19 Kabupaten OKU

Rusmini Wiyati Feb 01, 2021
Dandim 0403 OKU mendapatkan suntikan vaksin covid-19 yang diberikan oleh Ketua IDI Cabang Kabupaten OKU didampingi Bupati dan Forkompinda Kabupaten OKU

Senin 1/2/2021 bertempat di UPTD Puskesmas Kemalaraja dilakukan pencanangan pemberian vaksinasi covid-19 tahap 1 Kabupaten OKU diikuti Bupati, Forkompinda dan jajarannya serta Kepala OPD di lingkungan Setda OKU. Dimulai dari Bupati OKU Drs H. Kuryana Aziz, selanjutnya satu persatu peserta menuju meja pelayanan sesuai dengan alur yang telah disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan H. Husni Thamrin, SE, MM, yaitu Ketua DPRD Kabupaten OKU, Kajari OKU, Kapolres OKU, Dandim 0403, Asisten I Setda OKU, Ka Kemenag OKU, Kasdim 0403, Wakapolres OKU, Sekwan DPRD Kabupaten OKU, Kabid P2P Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Kasat Intel, Kabag Ops Polres OKU dan Kapolsek Baturaja Barat.

Bupati OKU menyerahkan sertivikat tanda telah dilakukan vaksinasi covid-19 kepada Sekwan DPRD Kabupaten OKU

Sesuai dengan alur pelayanan, di meja 1 peserta melakukan registrasi ulang menggunakan NIK, selanjutnya menuju meja 2 untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan skrining kesehatan, dari 16 peserta hanya 10 orang yang memenuhi syarat untuk dilakukan penyuntikan hari ini dan sisanya akan akan dilakukan pemeriksaan ulang 2 hari kedepan karena hasil pemeriksaan tekanan darahnya diatas normal.

Bupati didampingi Forkompinda Kabupaten OKU melakukan Konferensi Pers setelah pelaksanaan vaksinasi covid-19

Dalam sambutannya Bupati OKU menyampaikan bahwa vaksinasi ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi penularan covid-19 agar dapat melindungi masyarakat dari serangan penyakit covid-19 yang sampai saat ini masih tetap berlangsung penularannya. Dengan vaksinasi covid-19 diharapkan dapat memutus mata rantai penularan. Oleh karena itu Bupati OKU menghimbau agar masyarakat dapat mengikuti program vaksinasi ini tanpa keraguan. Selanjutnya juga disampaikan bahwa walaupun nanti seluruh masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi, akan tetapi perilaku 3M (mencuci tangan pakai sabun, memakai masker dan menjaga jarak inimal 1m) tetap harus dilakukan secara disiplin sampai keadaan kembali normal.

Selanjutnya Dandim 0403 OKU yang sudah menjalani vaksinasi dan observasi selama 30 menit menyampaikan bahwa dirinya tidak merasakan gejala efek samping yang ditakutkan oleh masyarakat, kecuali hanya sebatas rasa sakit bekas penyuntikan saja. Oleh karena itu disampaikan kepada masyarakat agar tidak takut mengikuti vaksinasi covid-19, karena sebelum dilakukan penyuntikan telah dilakukan pemeriksaan fisik dan skrining kesehatan terlebih dahulu, sehingga hanya yang memenuhi syarat saja yang bisa diberikan suntikan vaksin.