Berita

Pernyataan Bersama Organisasi Profesi Untuk Menekan Laju Penularan Covid-19

Rusmini Wiyati Apr 01, 2020
Organisasi Profesi Pendukung Upaya Promotif dan Preventif

Gabungan organisasi profesi pendukung upaya promotif dan preventif, yang terdiri dari IAKMI, HAKLI, PAEI, PPPKMI, PAKKI, dan IAGIKMI mengungkapkan bahwa upaya-upaya pencegahan dan penanganan covid-19 yang dilakukan selama ini, termasuk kebijakan tetap tinggal di rumah (stay at home) dan jaga jarak (physical distancing) belum dipatuhi oleh masyarakat dengan baik, maka dapat diperkirakan pertambahan kasus penularan COVID-19 masih akan berjalan secara eksponensial dan akan menyebar ke seluruh Indonesia.

Mengacu pada pemodelan yang dibuat oleh tim FKMUI, dengan intervensi yang dilakukan saat ini, diperkirakan orang yang terinfeksi virus corona jumlahnya akan sangat besar pada bulan Mei 2020. Dengan jumlah tersebut dapat diperkirakan tenaga dan fasilitas kesehatan akan kewalahan. Hal ini semakin menegaskan bahwa upaya promotif dan preventif harus lebih dikedepankan untuk menekan laju penularan virus corona.

Menyikapi situasi di atas, maka gabungan Organisasi Profesi ini menyampaikan beberapa pemikiran dan rekomendasi dari perspektif kesehatan masyarakat sebagai berikut:

  1. Perkuat upaya promotif dan pencegahan covid-19
  2. Pembentukan gugus tugas RT/RW/desa siaga covid-19
  3. Perkuat stay at home dan physical distancing dan ubah pesan kesehatan dari : “Tetap tinggal dirumah dan jaga jarak untuk mencegah agar tidak terpapar covid-19” menjadi “Tetap tinggal dirumah dan jaga jarak untuk mencegah agar tidak tidak menularkan penyakit kepada orang lain.”
  4. Optimalkan peran puskesmas dalam menangani covid-19
  5. Perhatikan faktor risiko keselamatan, kesehatan kerja dan lingkungan
  6. Pemenuhan kecukupan gizi masyarakat dan ketahanan pangan
  7. Perbanyak berita dan edukasi yang membuat masyarakat tenang
  8. Anggota profesi dan mahasiswa kesmas agar bergerak aktif meredam stigma yang beredar di masyarakat, memberikan informasi yang benar tentang jalan menularan covid-19, menghimbau masyarakat untuk waspada tidak saling menularkan namun tidak panik dalam menghadapi pandemi covid-19, membantu mengawasi ODP dan PDP dengan prosedur yang benar serta menjalin kemitraan dengan gugus tugas di provinsi, kabupaten hingga RT/RW untuk memperkuat• upaya promotif dan preventif covid-19.
    Secara lengkap pernyataan bersama Organisasi Profesi ini dapat di download disini :