Kegiatan

Pertemuan Penyebaran Informasi Kesehatan Berbasis Web

Rusmini Wiyati Jul 02, 2019

Menurut Peraturan Daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor 9 Tahun 2012 tentang Penyelenggaraan TIK, maka Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu berkewajiban untuk menjamin penyediaan informasi publik. Penyediaan informasi publik tersebut dilakukan melalui pemberdayaan website yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten dengan sub domain di masing-masing OPD, termasuk website yang ada di OPD Dinas Kesehatan Kabupaten OKU.

Untuk meningkatkan pengetahuan petugas pengelola website di Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, hari ini selasa (02/07/2019) telah dilakukan kegiatan Pertemuan Penyebaran Informasi Kesehatan Berbasis Web. Peserta pertemuan sebanyak 28 orang terdiri dari perwakilan masing-masing seksi di Dinas Kesehatan Kabupaten OKU dengan nara sumber dari Dinas Kominfo, Kasi PPAI Bapak Yayan Candra Subidin, ST.

 

 

 

Salah satu materi yang disampaikan oleh narasumber dalam pertemuan ini adalah Peraturan Presiden Nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). SPBE adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE yang bertujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan dan akuntabel dengan meningkatkan efisiensi dan keterpaduan penyelenggaraan SPBE.

Tata kelola SPBE merupakan kerangka kerja yang memastikan terlaksananya pengaturan, pengarahan dan pengendalian dalam penerapan SPBE secara terpadu, sehingga terjamin keamanan informasi baik kerahasiaan (confidentiality), keutuhan (integrity) dan ketersediaannya (availability) dengan melaksanakan pengelolaan unsur-unsur SPBE secara efisien, efektif dan berkesinambungan (manajemen SPBE).

 

 

Seluruh peserta mengikuti pertemuan dengan penuh antusias hingga acara berakhir. Setelah mengikuti pertemuan ini diharapkan peserta dapat ikut berkontribusi dalam penyediaan informasi baik berupa artikel maupun publikasi hasil kegiatan di seksinya masing-masing sebagai upaya untuk menjaga kesinambungan informasi di website Dinas Kesehatan Kabupaten OKU. (RW)