Kegiatan

Peta Covid-19 OKU Kembali Hijau

Rusmini Wiyati Jun 22, 2020
Kondisi terakhir covid-19 Kabupaten OKU

Setelah tiga bulan dilakukan kegiatan pemantauan penyebaran penyakit covid-19 di Kabupaten OKU yang dimulai sejak bulan Maret (22/03/202), Alhamdulillah hari ini (22/06/2020) peta covid-19 di Kabupaten OKU kembali menghijau. Hal ini berdasarkan hasil pemeriksaan sampel swab yang dikeluarkan oleh BBLK Palembang terhadap kasus ke 40 yang dinyatakan negatif.

Kasus konfirmasi positif di Kabupaten OKU pertama ditemukan pada tanggal 02/04/2020 yang lalu kemudian bertambah sampai mencapai kasus ke-40. Kasus konfirmasi positif ini ada yang berasal dari PDP, ODP maupun OTG sehingga penanganannyapun berbeda-beda sesuai dengan kondisi pasien, ada yang memerlukan perawatan di rumah sakit, ada yang di karantina di Hotel Baturaja dan ada juga yang menjalani karantina mandiri di rumah.

Hal ini tidak terlepas dari kerja keras Tim TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, stake holder serta kedisiplinan dan kerja sama dari semua penderita kasus konfirmasi positif serta keluarganya. Semua kontak erat kasus konfirmasi positif telah dilakukan tracing dengan hasil pemeriksaan swab terakhir negatif, sehingga dapat diperkirakan penularan covid-19 dari cluster ini telah terputus.

Walaupun saat ini semua kasus sudah mengalami kesembuhan, akan tetapi kemungkinan untuk timbul kasus baru masih bisa terjadi. Kedisiplinan masyarakat untuk tetap membiasakan cuci tangan pakai sabun/handsanitizer, menggunakan masker jika berada di luar rumah, menjaga jarak aman minimal 1 meter dari orang lain dan menghindari kerumunan tetap diperlukan.

Selain itu jika masyarakat kembali dari melakukan perjalanan ke daerah yang masih terpapar covid-19 tetap harus melapor kepada Ketua RT/RW/Puskesmas setempat agar segera dapat dilakukan penanganan yang tepat.

Kita berharap kondisi ini tetap dapat dipertahankan sehingga Kabupaten OKU dapat memasuki tatanan baru yang aman dari penularan covid-19 dan semua kegiatan masyarakat dapat kembali normal.