Kegiatan

Posyandu di UPTD Puskesmas Sekar Jaya Dibuka Kembali

Ansori Andika Jul 16, 2020
Pengunjung posyandu diperiksa suhu tubuh sebelum memasuki area posyandu

Keberadaan posyandu sebagai salah satu wahana untuk pemenuhan hak anak dalam mendapatkan pelayanan kesehatan rutin seperti pemantauan tumbuh kembang, status gizi, dan imunisasi sangat diperlukan. Oleh karena itu walaupun masih dalam suasana pandemi covid-19 ini, UPTD Puskesmas Sekarjaya tetap melaksanakan pelayanan  posyandu balita di wilayah kerjanya. Untuk mencegah agar posyandu tidak menjadi cluster baru penularan covid-19, maka pelaksanaannya harus dipastikan mengikuti protokol kesehatan.

Memasuki bulan ke-empat masa pandemi covid-19 ini pelayanan posyandu dibuka kembali sesuai jadwal masing-masing dan dilaksanakan sesuai dengan kemampuan dan kesiapan keluarahan/desa dalam menyiapkan segala kebutuhan posyandu sesuai dengan protokol kesehatan seperti, ketersediaan APD bagi kader, sarana CTPS, handsanitizer dan thermo gun.

Tanpa masker, tidak boleh memasuki area posyandu

Sebelum hari pelaksanaan posyandu, penanggung jawab posyandu telah memberikan undangan dengan penjelasan agar pengunjung posyandu menggunakan masker serta membawa sendiri kain yang akan digunakan untuk penimbangan balitanya, selain itu lokasi posyandu juga sudah dilakukan disinfeksi. Kader yang akan memberikan pelayanan di posyandu juga diperiksa terlebih dahulu untuk memastikan mereka tidak dalam kondisi batuk/pilek/demam. Hal ini dilakukan untuk memutus mata rantai penularan covid-19 di posyandu.

Pengunjung posyandu harus menjaga jarak aman dan tidak berdesak-desakan

Sebelum masuk area posyandu, pengunjung dipastikan telah memakai masker dan diwajibkan untuk mencuci tangan pakai sabun, kemudian dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun untuk mencegah orang yang demam memasuki area posyandu. Di area posyandu dipastikan masing-masing pengunjung untuk menjaga jarak aman dan tidak berdesak-desakan.

Setelah diberikan pelayanan, pengunjung posyandu diminta untuk segera meninggalkan area posyandu untuk menghindarkan terjadinya kerumunan setelah terlebih dahulu mencuci tangan.

Editor : Rusmini Wiyati/ Kontributor : Ansyori,S.K.M.,M.K.M.( Kepala Tata Usaha UPTD Puskesmas Sekar Jaya )