Berita

Ratusan Santri Baru Menjalani Rapid Test Sebelum Kembali ke Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur

Elya MPh Jun 18, 2020
Pemeriksaan rapid test para santri di Wisma Atlit Palembang

Sejumlah 336 orang mahasiswa dan santri/santriwati mengikuti rapid test sebelum melakukan perjalanan untuk melanjutkan pendidikan di luar Provinsi Sumatera Selatan. Salah satu syarat utama yang harus dimiliki yaitu mempunyai surat keterangan sehat  bebas Covid-19. Begitulah protokol kesehatan yang harus dilalui oleh ratusan mahasiswa dan santri/santriwati yang akan melanjutkan pendidikannya salah satunya ke  Pondok Pesantren Gontor Jawa Timur.

Tujuan pemeriksaan tersebut adalah merupakan upaya deteksi dini, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19,  bagi mahasiswa dan santri/santriwati baru yang akan menjalani kehidupan baru di Pondok Pesantren.  Selanjutnya dari hasil rapid test bagi yang non reaktif mendapat surat keterangan sehat  dan bagi yang reaktif akan dilakukan pemeriksaan lanjutan. Kemudahan pelayanan rapid test yang di sediakan secara gratis di Rumah Sehat Covid-19 di Wisma Atlit Jakabaring,  sangat membantu masyarakat yang akan mengikuti pendidikan di luar Provinsi Sumatera Selatan.

Edukasi kepada para santri untuk mematuhi protokol kesehatan sebelum diberangkatkan ke Pondok Gontor di Jawa Timur

Berkaitan dengan pelaksanaan rapid test kesehatan kepada santri/santri wati, petugas Promosi Kesehatan ikut ambil bagian dengan memberikan edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat. SepertiĀ  protokol kesehatan dalam kendaraan umum dengan tetap menjaga jarak, menggunakan masker yang benar dan cuci tangan pakai sabun/ hand sanitaizer. Selain itu juga disampaikan agar tetap menjaga kebersihan diri dan kebersihan lingkungan kamar setelah tiba di pondok Pesantren. (Editor : RW/Contributor : Elya, MPh, Promotor Kesehatan di Dinkes Provinsi Sumsel)