Kegiatan

Sosialisasi Advokasi Pelaksanaan IVA di Kabupaten OKU Tahun 2019

Rusmini Wiyati Jul 23, 2019

Penyakit kanker merupakan penyakit yang menakutkan bagi masyarakat dan merupakan penyebab kematian terbesar selain penyakit jantung dan stroke, salah satu jenis kanker yang terbanyak penderitanya adalah kanker servik. yang merupakan penyebab kematian utama pada wanita dalam tiga dasa warsa terakhir. Berdasarkan data Subdit Kanker Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PPTM) Kemenkes RI per 20 Januari 2014, dari total perempuan 36.761.000 jiwa usia 30-50 tahun, prevalensi kanker serviks sebesar 1,3/1.000 penduduk. Penemuan kasus  baru,  berkisar  40-45  kasus  per  hari dan perkiraan kematian setiap satu jam terjadi kematian yang disebabkan oleh kanker servik sebanyak satu   orang   perempuan.

Pap smear merupakan upaya deteksi dini kanker servik yang harus dilakukan secara rutin setidaknya satu kali seumur hidup pada wanita berusia sekitar 35-40 tahun. Upaya deteksi dini yang lain dengan metode yang lebih mudah, murah, praktis dan cepat diketahui hasilnya serta pembacaan hasilnya tidak memerlukan tenaga ahli/spesialis  yaitu dengan Metode IVA. Pemeriksaan IVA dianjurkan untuk dilakukan dengan interval pemeriksaan satu tahun sekali.

Di Kabupaten OKU pemeriksaan IVA sudah memasuki tahun ke-lima. Warga kecamatan yang terbanyak melakukan pemeriksaan IVA adalah Kecamatan Sinar Peninjauan sehingga PKK Kecamatan Sinar Peninjauan mendapatkan penghargaan sebagai juara I Lomba IVA Tes tingkat Kabupaten dan  juara III Lomba IVA Tes tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Di tahun 2019 ini jumlah wanita diperiksa sebanyak 2268 orang dengan hasil positif IVA 25 orang, positif kanker servik 3 orang dan juga ditemukan kanker payudara 3 orang. Hasil pemeriksaan IVA positif apabila tidak diobati dapat berkembang menjadi kanker servik, sedangkan dengan pengobatan yang rutin dan teratur, penderita positif IVA dapat disembuhkan.


Untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pencegahan kanker servik menggunakan metode IVA ini telah dilakukan Pertemuan Lintas Sektor dalam rangka Sosialisasi Advokasi Pelaksanaan IVA di Kabupaten OKU Tahun 2019 oleh Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa dengan mengundang 200 peserta terdiri dari Bidan Koordinator Puskesmas, PKK Kabupaten, PKK Kecamatan dan PKK Desa hari Jumat (19/07/2019) lalu. Pertemuan dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Bapak H. Husni Thamrin, SE, MM dilanjutkan sambutan dari Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Hj. Henny Johan Anuar.


Dalam pertemuan ini salah seorang mantan penderita IVA Positif telah memberikan testimoninya bahwa dengan pengobatan secara rutin dan teratur akhirnya penyakitnya bisa disembuhkan dan sebagai langkah pencegahan sebaiknya setiap wanita yang telah melakukan aktivitas sexual hendaknya dapat melakukan pemeriksaan IVA. Tidak perlu takut dengan hasil yang akan didapatkan karena jika ternyata diketahui hasilnya nanti positif, maka pengobatan dapat segera dilakukan sehingga dapat dicegah kemungkinan untuk berkembang menjadi kanker servik.

(Penulis : Elya, MPH, Editor : RW)