Kegiatan

SOSIALISASI KALIBRASI ALAT KESEHATAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DI FASYANKES

Rusmini Wiyati Aug 20, 2019

Baturaja, 19/08/2019 –Dinas Kesehatan Kabupaten OKU Bidang Sumber Daya Kesehatan Seksi Alat Kesehatan dan PKRT melaksanakan kegiatan Sosialisasi Kalibrasi Alat Kesehatan. Kegiatan sosialisasi ini di buka oleh Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Lukman Hakim, SKM., M.Si di Aula Hotel Grand Kemuning Baturaja mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu yang berhalangan hadir.

 

Pada pertemuan ini dihadiri oleh 10 Kepala UPTD Puskesmas dan 19 orang Pengelola Aplikasi Sarana dan Prasarana Alat Kesehatan (ASPAK) dari Puskesmas dan Labkesda. Kegiatan Sosialisasi Kalibrasi Alat Kesehatan diadakan terkait dengan rencana pelaksanaan Kalibrasi Alat Kesehatan yang akan dilakukan pada hari Senin mendatang. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 54 Tahun 2015 Tentang Pengujian dan Kalibrasi Alat Kesehatan yang menyatakan bahwa setiap alat kesehatan yang digunakan di fasilitas pelayanan kesehatan harus dilakukan uji dan/atau kalibrasi secara berkala oleh Balai Pengujian Fasilitas Kesehatan atau Institusi Pengujian Fasilitas Kesehatan (BPFK).

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Bapak Chairi Atmaja, SKM, dalam materinya bapak Chairi menyampaikan tentang pentingnya kalibrasi / pengujian alat kesehatan. Hal ini terkait dengan salah satu persyaratan akreditasi Puskesmas dan juga perencanaan alat kesehatan untuk tahun mendatang. Dalam kalimat penutupnya Bapak Chairi mengingatkan kembali bahwa laporan hasil pengujian dan kalibrasi sangat bermanfaat untuk evaluasi mutu dan keamanan alkes. Selain itu yang perlu diingat bahwa tidak ada alat ukur/alat kesehatan/alat medis yang bisa dipakai seumur hidup namun begitu diharapkan nantinya setiap puskesmas mampu merawat alat-alat tersebut dengan baik untuk menunjang pemberian pelayanan kesehatan pada masyarakat yang lebih maksimal.

 

Penulis: Nur Azizah, Editor: Tengku Dewi Agustina