Kegiatan

TGC Covid-19 Kabupaten OKU Lakukan Pengambilan Sampel

Rusmini Wiyati Apr 14, 2020
TGC Covid-19 bersama Petugas UPTD Labkesda dan Litbangkes Baturaja siap mengambil sampel

Hari ini, Selasa (14/04/2020) TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU kembali melakukan pengambilan sampel kontak erat dari kasus konfirmasi positif covid-19. Sebanyak 3 orang kontak erat diambil sampelnya menggunakan metode swab untuk diperiksa.

Pengambilan sampel dilakukan oleh petugas di UPTD Labkesda Dinas Kesehatan Kabupaten OKU bersama Tim dari Litbangkes Baturaja. Selanjutnya sampel pemeriksaan dikirim ke BBLK Palembang untuk dianalisis.

Situasi terakhir covid-19 di Kabupaten OKU terdapat 114 ODP dengan rincian 27 orang masih dalam proses pemantauan dan 87 sudah selesai pemantauan semua dalam kondisi baik, PDP sebanyak 3 orang serta konfirmasi positif sebanyak 3 orang.

Dengan masih bertambahnya ODP di Kabupaten OKU berarti masih ada masyarakat Kabupaten OKU yang melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang sudah terjangkit wabah covid-19. Untuk menghindari potensi penularan kepada orang lain, hendaknya sepulang dari bepergian ke tempat-tempat yang sudah terjangkit wabah covid-19 lakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari dan selalu gunakan masker . Lakukan pemantauan kondisi kesehatan sendiri, jika timbul gejala batuk/pilek, demam atau sesak nafas segera berobat ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat.