Kegiatan

Tim BBLK Palembang ambil sampel kontak erat penderita positif covid-19

Rusmini Wiyati Apr 02, 2020
Tim BTKL-PP didampingi TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU melakukan persiapan pengambilan sampel kontak erat pasien konfirmasi positif

Sebagai tindak lanjut dari hasil konfirmasi positif covid-19 salah satu PDP Kabupaten OKU,hari ini Kamis (02/04/2020) telah dilakukan pemeriksaan terhadap kontak erat pasien konfirmasi positif covid-19 tersebut. Sebanyak 15 orang kontak erat telah diambil sampelnya untuk mengetahui apakah sudah terjadi penularan virus dari pasien kepada  orang yang melakukan kontak erat dengan pasien.

Pengambilan sampel dilakukan oleh Tim dari BBLK Palembang. Metode pemeriksaan menggunakan Rapid Tes dan PCR (Polymerase Chain Reaction). Metode rapid test menggunakan sampel darah sedangkan PCR menggunakan sampel hasil swab nasofaring pernafasan atas. Pengambilan sampel dilakukan di rumah keluarga pasien dan di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja, hasil pengambilan sampel langsung dibawa oleh Tim BTKL-PP ke Palembang untuk dilakukan pengujian.

Persiapan pengambilan swab nasofaring pernafasan di RSUD Ibnu Sutowo Baturaja

Perkembangan terakhir covid-19 di Kabupaten OKU saat ini dari 64 ODP satu orang telah selesai menjalani pengawasan dengan kondisi akhir sehat, 3 orang PDP masih menjalani perawatan dan 1 orang konfirmasi positif.