Kegiatan

Tim Kaji Banding Posyandu Remaja Kabupaten Musi Rawas Kunjungi Posrem Kabupaten OKU

Rusmini Wiyati Jan 08, 2020

Remaja sebagai penerus dan calon pemimpin bangsa di masa depan, mendapatkan hak dan kesempatan seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang secara optimal, terjamin kelangsungan hidupnya, bebas dari tindakan diskriminasi dan perlakuan yang salah, termasuk terlindungi dari berbagai masalah kesehatan. Masalah kesehatan pada kelompok ini terutama disebabkan karena kecenderungan untuk perilaku yang berisiko. Kompleksnya permasalahan kesehatan pada remaja, tentunya memerlukan penanganan yang komprehensif dan terintergrasi yang melibatkan semua unsur dari lintas program dan sektor terkait.

Saat ini UPTD Puskesmas di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu telah melaksanakan Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR) dengan paket pelayanan komprehensif  untuk kesehatan remaja meliputi Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), konseling, pembinaan konselor sebaya, layanan klinis/medis dan rujukan termasuk pemberdayaan masyarakat.

Pelayanan PKPR tidak hanya dilakukan oleh tenaga kesehatan di dalam gedung puskesmas saja akan tetapi juga melibatkan masyarakat terutama para remaja itu sendiri yang ada ditengah-tengah masyarakat. Sebagai ujung tombak pelayanan PKPR di Kabupaten OKU, sejak tahun 2019 telah terbentuk 44 posyandu remaja yang tersebar diseluruh wilayah kerja puskesmas baik di desa, di Pondok Pesantren bahkan di Lembaga Pemasyarakatan.

Menurut Pengelola Program PKPR Dinas Kesehatan Kabupaten OKU, Eliza Yane Hesti, SKM perkembangan posyandu remaja di Kabupaten OKU cukup menggembirakan. Hal ini terbukti dengan adanya kunjungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas ke Kabupaten OKU (18/12/2019) atas rekomendasi Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Selatan untuk melakukan kaji banding pemberdayaan masyarakat dalam pembentukan posyandu remaja dan penggerakan para remaja agar mengikuti kegiatan posyandu tersebut. Dua posyandu remaja yang sempat dikunjungi oleh Tim Kaji Banding Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Rawas adalah Posrem Seroja Desa SP.6 dibawah binaan UPTD Puskesmas Peninjauan dan Posrem Bindu di Desa Bindu dibawah binaan UPTD Lubuk Rukam.

Salah satu hambatan yang sering ditemui dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat adalah bagaimana menjaga keberlangsungan kegiatan tersebut, baik dari aspek pembiayaan, kehadiran kader maupun kehadiran peserta posyandu remaja itu sendiri. Hal ini menuntut inisiatif semua stake holder posyandu remaja baik dari pemerintahan desa/kelurahan, Ketua Karang Taruna Desa, para kader kesehatan remaja maupun Pelaksana Kegiatan PKPR dan Kepala UPTD Puskesmas untuk selalu berinovasi dalam menciptakan kegiatan yang baru di posyandu remaja agar para remaja tidak merasa bosan berkunjung di posyandu.

Kegiatan pengembangan yang telah dilakukan di posrem antara lain : senam sehat, pemeriksaan golongan darah dan kadar Hb, pemberian tablet Fe, pengobatan tradisonal komplementer dengan teknik akupresure, pemeriksaan kadar nikotin dalam darah, kerajinan tangan, menari serta kegiatan yang mendukung terciptanya lingkungan yang go green dan go fresh.Untuk melihat bagaimana antusiasme remaja di Kabupaten OKU dalam mengikuti kegiatan posyandu remaja ini dapat diakses pada facebook Posyandu Remaja OKU (RW)