Kegiatan

Tim TGC Dinkes Kabupaten OKU Kunjungi Kasus Positif Covid-19 Anak-Anak Yang Sembuh

Rusmini Wiyati Jun 13, 2020
Tim TGC Covid-19 Dinkes Kabupaten OKU kunjungi keluarga S

Suatu berita yang cukup menggembirakan bagi masyarakat Kabupaten OKU dengan semakin bertambahnya penderita covid-19 yang dinyatakan sembuh. Kondisi terakhir hari ini dari 40 penderita covid-19 di Kabupaten OKU, 27 diantaranya dinyatakan sembuh setelah melalui pemeriksaan swab ulang sebanyak 3 kali dengan hasil negatif. Dengan demikian angka kesembuhan saat ini adalah sebesar 68% (12/06/2020).

Salah satu penderita covid-19 yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium BBLK Palembang adalah S (7 th) yang terinfeksi covid-19 dari ayahnya. Sebagai ungkapan rasa syukur Tim TGC Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU mengunjungi keluarga S untuk menyerahkan Surat Keterangan Sembuh dari Covid-19. Walaupun sudah dinyatakan sembuh, S harus masih menjalani isolasi mandiri selama 14 hari lagi.

S mendapatkan hadiah dan suplemen dari Tim TGC Covid-19 Dinkes Kab. OKU

Melihat kesenderungan yang terjadi saat ini penularan covid-19 lebih banyak terjadi di dalam rumah (kontak serumah), hal ini menuntut kesadaran dari orang-orang yang melakukan aktifitas di luar rumah agar selalu menggunakan masker, menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain dan benar-benar menjaga kebersihan diri sebelum memasuki rumah agar tidak membawa virus ke dalam rumah.

Biasakan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum masuk ke dalam rumah. Segera mandi dan ganti pakaian yang telah dipakai dari tempat-tempat umum, karena kita tidak pernah tahu apakah orang-orang yang kita temui di luar rumah sudah terinfeksi covid-19 atau belum.

Jika ternyata orang yang di temuinya di luar rumah adalah penderita covid-19, berarti orang tersebut kini telah menjadi OTG (Orang Tanpa Gejala). Kondisi ini jangan diabaikan, segera lapor kepada Ketua RT/RW/Puskesmas di wilayah setempat melalui telepon agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Lakukan isolasi mandiri di rumah dengan senantiasa menggunakan masker dan menjaga jarak minimal 1 meter dari anggota keluarga yang lain. Jangan menggunakan peralatan makan atau pakaian yang sama dengan anggota keluarga yang lain untuk menghindari penularan melalui benda-benda tersebut, dan bila memungkinkan hindari berkumpul bersama dengan anggota keluarga yang lain dalam satu ruangan.