Kegiatan

UPTD Puskesmas Karya Mukti Bentuk 5 Posyandu Remaja Baru

Try Koesminingsih Mar 09, 2021
Pembentukan Posyandu Remaja Sehat Kusik di Desa Karya Jaya

UPTD Puskesmas Karya Mukti terletak di Kecamatan Sinar Peninjauan memiliki wilayah kerja yang terdiri dari 6 desa, yaitu Desa Marga Bhakti, Desa Karya Mukti, Desa Karya Jaya, Desa Sri Mulya, Desa Marga Mulya, dan Desa Tanjung Makmur dengan penduduk sasaran program kesehatan kelompok usia remaja (10-18 tahun) sebanyak 4.053 orang.

This image has an empty alt attribute; its file name is posrem2-1024x768.jpeg
Pembentukan Posyandu Tunas Mulya di Desa Marga Mulya

Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada penduduk usia remaja terutama pelayanan kesehatan di luar gedung puskesmas, di tahun 2021 ini UPTD Puskesmas Karya Mukti membentuk lagi 5 posyandu remaja baru, yaitu Posyandu Remaja Sehat Kusik di Desa Karya Jaya, Posyandu Remaja Tunas Mulya di Desa Marga Mulya, Posyandu Remaja Bina Muda Mandiri di Desa Tanjung Makmur, Posyandu Remaja Garda Sakti di Desa Marga Bhakti dan Posyandu Remaja Sija Parama di Desa Sri Mulya.

Pemberian tablet Fe di posyandu remaja sebagai salah satu upaya pencegahan stunting di masa yang akan datang

Kegiatan di posyandu remaja terdiri dari 5 meja, yaitu meja 1 untuk pendaftaran, meja 2 untuk pemeriksaan, meja 3 untuk pencatatan dan pelaporan, meja 4 untuk pelayanan termasuk pemberian tablet Fe bagi remaja putri dan meja 5 untuk konseling/penyuluhan. Pelaksanaan posyandu remaja ini melibatkan lintas program yaitu dengan menghadirkan petugas gizi, bidan, perawat dan dokter puskesmas untuk memberikan konseling dan informasi kesehatan secara berkala.

Kegiatan posyandu remaja dengan sistem 5 meja

Pembentukan posyandu remaja baru di setiap desa ini tidak terlepas dari peran serta dukungan  kepala desa, perangkat desa dan karang taruna desa. Dengan dibentuknya posyandu remaja baru di wilayah kerja UPTD Puskesmas Karya Mukti ini menambah jumlah posyandu menjadi 6 posrem yang semula di tahun 2020 hanya ada satu posyandu remaja saja yaitu Posyandu Remaja Bina Muda di Desa Karya Mukti. Perkembangan Posyandu Remaja Bina Muda saat ini cukup aktif, dengan jumlah anggota sebanyak  829 orang remaja usia 10-18 tahun kegiatan dilaksanakan setiap bulan pada minggu pertama pukul 09.00 s.d 12.00 wib di Balai Desa Karya Mukti. (Editor : RW)