Kegiatan

UPTD Puskesmas Lubuk Rukam Lakukan Skrining Faktor Risiko PTM Pada Perangkat Desa

Dedy Munandar Jul 17, 2020
Pemeriiksaan suhu tubuh

Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh penularan vektor, virus atau bakteri, namun lebih banyak disebabkan oleh perilaku dan gaya hidup. Saat ini penyakit tidak menular seperti stroke, hipertensi, diabetes mellitus, tumor ganas/kanker, penyakit jantung dan pernafasan kronik di Indonesia semakin meningkat kejadian kasusnya seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat yang cenderung semakin tidak sehat.

Faktor risiko seperti merokok, kurang aktifitas fisik, kurang konsumsi buah dan sayur serta mengkonsumsi alkohol menimbulkan dampak negatif bagi tubuh antara lain kerusakan pada pembuluh darah, jantung, hati, ginjal maupun otak. Kematian yang diakibatkan oleh penyakit tidak menular diperkirakan telah mencapai 60% dari seluruh kematian di Indonesia.

Pemeriksaan tekanan darah

Upaya yang dilakukan oleh UPTD Puskesmas Lubuk Rukam untuk mengendalikan penyakit tidak menular antara lain edukasi kepada masyarakat baik yang berkunjung di puskesmas dan jaringannya, maupun pada saat kegiatan UKM seperti posyandu, posbindu, posyandu remaja , posyandu lansia maupun UKS/UKGS. Pesan kesehatan yang disampaikan untuk mencegah penyakit tidak menular yaitu “CERDIK”

     C : Cek kondisi kesehatan secara berkala
     E : Enyahkan asap rokok
     R : Rajin aktifitas fisik
     D : Diet sehat dengan kalori seimbang
     I  : Istirahat yang cukup
     K : Kendalikan stress

Untuk membantu masyarakat melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan secara berkala, puskesmas telah melakukan skrining penyakit tidak menular pada perangkat desa dan istrinya yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Lubuk Rukam yang dilaksanakan pada bulan Maret dan Juli 2020, berlokasi di Kantor Desa Belimbing, Durian, Bindu, Kedondong, Lubuk Rukam dan Poskesdes Talang Bali.

Pemeriksaan kadar gula darah

Jumlah yang diperiksa sebanyak 162 orang dengan hasil pemeriksaan 81,5% sehat, 11,1% dengan kadar gula darah diatas normal, 6,2% dengan tekanan darah diatas normal dan 1,2% dengan kadar gula darah dan tekanan darah diatas normal.

Editor : Rusmini Wiyati / Kontributor : Dedy Munandar, SKM (Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Rukam)