Kegiatan

UPTD Puskesmas Sekarjaya Lakukan Simulasi Pemberian Vaksinasi Covid-19

Rusmini Wiyati Jan 19, 2021
Foto bersama Tim Vaksinasi COVID-19 UPTD Puskesmas Sekarjaya

Vaksinasi merupakan upaya kesehatan masyarakat paling efektif dan efisien dalam mencegah beberapa penyakit menular berbahaya. Sejarah telah mencatat besarnya peranan vaksinasi dalam menyelamatkan masyarakat dunia dari kesakitan, kecacatan bahkan kematian akibat Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Vaksinasi (PD3I) seperti Cacar, Polio, Tuberkulosis, Hepatitis B yang dapat berakibat pada kanker hati, Difteri, Campak, Rubela dan Sindrom Kecacatan Bawaan Akibat Rubela (Congenital Rubella Syndrome/CRS), Tetanus pada ibu hamil dan bayi baru lahir, Pneumonia (radang paru), Meningitis (radang selaput otak), Kanker Serviks yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus dan Japanese Encephalitis (JE).

Calon penerima vaksin COVID-19 diperiksa kesehatannya serta dilakukan skrening di meja 2 sebelum mendapatkan pelayanan

Dalam vaksinasi terdapat konsep Herd Immunity atau Kekebalan Kelompok. Kekebalan Kelompok ini hanya dapat terbentuk apabila cakupan vaksinasi pada sasaran tinggi dan merata di seluruh wilayah. Sebagian besar sasaran yang telah kebal tersebut secara tidak langsung akan turut memberikan perlindungan bagi kelompok usia lainnya, sehingga bila ada satu atau sejumlah kasus PD3I di masyarakat maka penyakit tersebut tidak akan menyebar dengan cepat dan Kejadian Luar Biasa (KLB) dapat dicegah. Konsep ini merupakan bukti bahwa program vaksinasi sangat efektif juga efisien karena hanya dengan menyasar kelompok rentan maka seluruh masyarakat akan dapat terlindungi. Upaya pencegahan melalui pemberian program vaksinasi jika dinilai dari sisi ekonomi, akan jauh lebih hemat biaya, apabila dibandingkan dengan upaya pengobatan (Juknis Pelayanan Vaksinasi Covid-19)

Pelayanan vaksinasi COVID-19 dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yaitu dengan menerapkan upaya Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI) dan menjaga jarak aman 1 – 2 meter, sesuai dengan Petunjuk Teknis Pelayanan Vaksinasi Pada Masa Pandemi COVID-19, dimana sebelum calon penerima vaksin COVID-19 memasuki ruangan diharuskan untuk mencuci tangan, kemudian diperiksa suhu tubuh menggunakan thermogun. Selanjutnya disetiap meja pelayanan yang dilalui calon penerima vaksin COVID-19 harus menggunakan handsanitizer untuk mencegah penularan.

Pelayanan vaksinasi COVID-19 di meja 3

Dalam rangka persiapan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sekarjaya, hari ini (19/1/2021) telah dilakukan simulasi pemberian vaksinasi COVID-19 yang dipimpin langsung oleh Kepala UPTD Mariani, S.Kep dan Kepala Tata Usaha UPTD Puskesmas Sekarjaya Ansori, SKM. Hadir juga dalam kesempatan ini Lurah Sekarjaya beserta rombongan dan Tim Perencanaan Informasi dan Publikasi Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 Dinas Kesehatan Kabupaten OKU.

Petugas meja 4 memberikan penjelasan tentang jadwal kunjungan ulang dan nomor telepon yang bisa dihubungi jika terjadi efek samping setelah pemberian vaksinasi COVID-19

Dengan dipandu Petugas Promkes UPTD Puskesmas Sekarjaya Inda Julianti, SST, M.Kes kegiatan simulasi dilaksanakan menggunakan 4 meja, dimana meja 1 melayani pendaftaran dan verifikasi, meja 2 untuk anamnesa dan pemeriksaan fisik, meja 3 untuk pelayanan vaksinasi dan meja 4 untuk pencatatan dan observasi. Diharapkan dengan adanya simulasi ini petugas yang ditunjuk lebih memahami alur pelayanan dan dapat melaksanakan tugasnya dengan baik pada saat pelaksanaan vaksinasi COVID-19 yang akan datang.