Kegiatan

UPTD Puskesmas Ulak Pandan Terima Kaji Banding UPTD Puskesmas Muara Jaya

Rusmini Wiyati Jul 25, 2019

UPTD Puskesmas Ulak Pandan hari ini Kamis (25/07/2019) menerima kunjungan Kepala UPTD Puskesmas Muara Jaya beserta staf dalam rangka kaji banding akreditasi puskesmas. UPTD Puskesmas Muara Jaya  merupakan puskesmas ke-empat yang berkunjung ke UPTD Puskesmas Ulak Pandan setelah sebelumnya  tiga puskesmas lain yang berkunjung, yaitu UPTD Puskesmas Sukaraya, UPTD Puskesmas Penyandingan dan UPTD Puskesmas Tanjung Agung. UPTD Puskesmas Ulak Pandan dipilih sebagai tujuan kaji banding karena dipandang memiliki kesamaan karakter masyarakat serta permasalah kesehatan yang dihadapi oleh puskesmas. Rombongan peserta kaji banding diterima dengan baik sesuai dengan standar prosedur penyambutan tamu puskesmas.

Kaji banding ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran kondisi UPTD Puskesmas Ulak Pandan yang sudah diakreditasi pada tahun 2018 lalu, baik dari aspek administrasi manajemen, pelaksanaan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) serta peningkatan mutu dan keselamatan pasien agar kiranya nanti dapat diterapkan pada puskesmasnya sebagai persiapan penilaian akreditasi di UPTD Puskesmas Muara Jaya yang akan datang.

Dalam sambutannya Kepala UPTD Puskesmas Muara Jaya berharap agar dari kunjungan ini mereka mendapatkan wawasan tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi proses akreditasi puskesmas. Selanjutnya Kepala UPTD Puskesmas Ulak Pandan menyampaikan bahwa selain ketersediaan seluruh elemen penilaian sesuai dengan yang dipersyaratkan, hal yang tidak kalah penting adalah menjaga kekompakan seluruh staf puskesmas, lintas sektor beserta seluruh pemangku kepentingan yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas agar bersama-sama berkomitmen dan berperan serta secara aktif untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

(Kontributor : RY, Penulis : RW)