Sukseskan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Di Masa Pandemi : Cuci Tangan Pakai Sabun-Gunakan Masker Jika Keluar Rumah-Jaga Jarak Minimal 1 Meter Dari Orang Lain-Hindari Kerumunan-Kurangi Mobilitas-Vaksinasi Covid-19 Lengkap

Artikel Kesehatan

Panduan Pencegahan Penularan Covid-19 di Tempat Umum

Rusmini WiyatiMar 18, 2020

Dengan semakin merebaknya penularan covid-19 di Indonesia, Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Kesehatan Masyarakat Direktorat Kesehatan Lingkungan telah merilis Panduan Pencegahan Penularan Covid-19 di Tempat dan Fasilitas Umum.

Rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi penyakit ini diantaranya mencuci tangan secara teratur, menutup mulut dan hidung ketika batuk dan bersin, memasak daging dan telur dengan seksama, menghindari kontak dekat dengan siapapun yang menunjukkan gejala penyakit pernafasan seperti batuk dan bersin. Selain itu untuk mencegah penyebaran covid-19 akibat droplet yang menempel pada permukaan perlu dilakukan diseinfeksi lingkungan.

Dengan melakukan disinfeksi lingkungan, diharapkan virus yang menempel di tempat dan fasilitas umum yang keluar dari penderita/pembawa virus melalui batuk atau besin dapat dibersihkan, sehingga tidak akan menginfeksi orang lain lagi.

Secara lengkap, panduan pencegahan di tempat/fasilitas umum dapat di down load disini :