Sukseskan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Di Masa Pandemi : Cuci Tangan Pakai Sabun-Gunakan Masker Jika Keluar Rumah-Jaga Jarak Minimal 1 Meter Dari Orang Lain-Hindari Kerumunan-Kurangi Mobilitas-Vaksinasi Covid-19 Lengkap

Kegiatan

Kabupaten OKU Launching Vaksinasi Booster

Rusmini WiyatiJan 26, 2022
Lounching Vaksinasi Boster dihadiri PLH. Bupati bersama Forkompinda Kabupaten OKU

Untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi virus covid-19 bagi masyarakat di Kabupaten OKU, hari ini (26/1//2022) telah dilakukan vaksinasi booster secara masal di Gedung Kesenian Kabupaten OKU. Lounching vaksinasi booster ini dihadiri oleh PLT Bupati OKU bersama Forkompinda Kabupaten OKU.

PLH Bupati OKU pada Lounching vaksinasi booster

Vaksinasi booster ini dilakukan karena dari hasil studi menunjukkan terjadinya penurunan antibodi 6 bulan setelah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis primer lengkap sehingga dibutuhkan pemberian dosis lanjutan atau booster untuk meningkatkan proteksi individu terutama pada kelompok masyarakat rentan. Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional atau ITAGI, berdasarkan kajian melalui surat nomor ITAGI/SR/2/2022 mengenai Kajian Vaksin Covid-19 dosis lanjutan (booster) , menganjurkan pemberian dosis lanjutan (booster) untuk memperbaiki efektivitas vaksin yang telah menurun.

Masyarakat usia lanjut menjadi salah satu prioritas sasaran vaksinasi booster

Dengan mempertimbangkan kajian dan rekomendasi yang dikeluarkan oleh ITAGI tersebut, maka pemberian vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan atau booster dapat dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Masyarakat antusias mengikuti vaksinasi booster

Ketentuan pemberian vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) adalah sebagai berikut :

  1. Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (booster) adalah vaksinasi Covid-19 setelah seseorang mendapat Vaksinasi Primer Dosis Lengkap yang ditujukan untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan.
  2. Vaksinasi Covid-19 Dosis Lanjutan (booster) diselenggarakan oleh Pemerintah.
  3. Sasaran Vaksinasi Program Dosis Lanjutan (booster) adalah masyarakat usia 18 tahun ke atas dengan prioritas yaitu kelompok lanjut usia dan penderita imunokompromais.
  4. Pelaksanaan Vaksinasi Program Dosis Lanjutan (booster) bagi sasaran lansia dapat dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota, sementara sasaran non-lansia dilaksanakan di kabupaten/kota yang sudah mencapai cakupan dosis 1 total minimal 70% dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60%.
  5. Syarat penerima vaksin dosis lanjutan (booster) adalah
    a.Calon penerima vaksin menunjukkan NIK dengan membawa KTP/KK atau melalui aplikasi Peduli Lindungi
    b.Berusia 18 tahun ke atas; dan
    c.Telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.
  6. Pemberian dosis lanjutan (booster) dilakukan melalui dua mekanisme yaitu:
    a.Homolog, yaitu pemberian dosis lanjutan (booster) dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya
    b.Heterolog, yaitu pemberian dosis lanjutan (booster) dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya
  7. Pelaksanaan vaksinasi booster di Kabupaten OKU dilaksanakan di Puskesmas dan Rumah Sakit mulai Bulan Januari 2022.