Sukseskan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Di Masa Pandemi : Cuci Tangan Pakai Sabun-Gunakan Masker Jika Keluar Rumah-Jaga Jarak Minimal 1 Meter Dari Orang Lain-Hindari Kerumunan-Kurangi Mobilitas-Vaksinasi Covid-19 Lengkap

Kegiatan

Puskesmas Sekarjaya, Deklarasikan Cegah Stunting Sejak Dini Oleh Ibu Hamil

Rusmini WiyatiDec 22, 2022
Foto bersama Peserta Deklarasi Bumil Sehat dan Bahagia

Puskesmas Sekarjaya (22/12/2022), dalam rangka mewujudkan ibu hamil sehat, bahagia dan nyaman serta mencegah terlahirnya balita stunting, UPTD Puskesmas Sekarjaya gelar ” Deklarasi Pekan Bumil Sehat dan Mencegah Anak stunting. “ Kegiatan ini dilaksanakan di aula UPTD Puskesmas Sekarjaya dihadiri Lintas sektor Kelurahan Sekarjaya dan PLT. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu, Dedi Wijaya SKM.,M.Kes

Peserta Deklarasi antusias mengikuti edukasi yang diberikan

Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ogan Komering Ulu Dedi Wijaya,SKM M.Kes didampingi Kepala UPTD Puskesmas Sekarjaya mengatakan kegiatan Deklarasi Pekan Bumil Sehat 2022 dilakukan serentak oleh seluruh puskesmas yang ada di Indonesia mulai tanggal 14 sampai dengan 22 Desember 2022. Menurutnya, kegiatan ini merupakan program kerja puskesmas yang dilaksanakan untuk menurunkan persentase balita stunting sejak bayi masih dalam kandungan.

Pemberian tablet tambah darah kepada ibu hamil

Selanjutnya, Kepala UPTD Puskesmas Sekarjaya Mariani,S.Kep juga mengajak ibu hamil yang hadir dalam acara deklarasi ini untuk mengikuti Senam Hamil bersama agar bayi yang ada di kandungan tetap sehat, dan aktif.

Pemeriksaan USG pada ibu hamil peserta Deklarasi

Sebanyak 20 orang ibu hamil yang hadir dalam acara deklarasi ini dilakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan USG oleh dokter Puskesmas untuk mendeteksi adanya kelainan sejak dini. Selain itu juga diberikan edukasi makanan sehat bagi ibu hamil dengan gizi yang seimbang serta pemberian tablet tambah darah untuk mencegah terjadinya anemia pada ibu hamil. Anemia pada masa kehamilan dapat mengakibatkan bayi yang dilahirkan mengalami stunting pada saat balita.

Ibu hamil menandatangani komitmen untuk berperan serta mencegah anak stunting

Setelah dilakukan pemeriksaan kehamilan dan edukasi, ibu-ibu hamil yang hadir menandatangani deklarasi bersama untuk mencegah stunting dengan cara melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur minimal 6 kali sesuai jadwal yang telah ditentukan, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, aktifitas untuk menjaga kebugaran dengan melakukan senam hamil serta makan tablet tambah darah sebanyak 90 tablet selama kehamilannya. Layanan pemeriksaan kehamilan ini dapat diperoleh ibu hamil baik di puskesmas, puskesmas pembantu, poskesdes maupun posyandu yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sekarjaya.

Diharapkan kedepannya nanti kegiatan ini akan terus dilaksanakan oleh puskesmas hingga seluruh ibu hamil yang ada di wilayah kerja UPTD Puskesmas Sekarjaya mendapatkan edukasi dan pelayanan yang sama agar ibu hamil menjadi sehat dan merasa bahagia serta dapat melahirkan bayi yang sehat dan tidak stunting (Kontributor : Ansori, SKM, MKM)