Sukseskan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Di Masa Pandemi : Cuci Tangan Pakai Sabun-Gunakan Masker Jika Keluar Rumah-Jaga Jarak Minimal 1 Meter Dari Orang Lain-Hindari Kerumunan-Kurangi Mobilitas-Vaksinasi Covid-19 Lengkap

Kegiatan

Cegah DBD, Tim TGC UPTD Puskesmas Sekarjaya Lakukan Fogging di RT.05 Kelurahan Sekarjaya

Rusmini WiyatiMar 27, 2023
Sosialisasi Gerakan PSN 3M Plus di RT. 05 Kelurahan Sekar Jaya

UPTD Puskesmas Sekarjaya bersama Lintas Sektor yaitu Lurah Sekarjaya Eldaniati,SSTP.,MM, Babin kamtibmas dan Ketua RT.05 Kelurahan Sekarjaya Kabupaten OKU melaksanakan fogging di RT.05 wilayah kerja UPTD Puskesmas Sekarjaya , Senin(27/03/2023). Kegiatan fogging ini dilakukan untuk menekan penyebaran nyamuk Âedes aegypti penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD) terutama di lingkungan RT.05 Kelurahan Sekarjaya. Dari data laporan surveilans epidemiologi di RT. 05 Kelurahan Sekarjaya telah ditemukan 2 orang penderita positif DBD yang semuanya berusia anak-anak.

DBD adalah penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, ditularkan oleh nyamuk Aedes aegypti yang telah menggigit penderita DBD. Penyakit ini dapat menyerang semua usia yang dapat berakibat fatal bila tidak segera ditangani secara cepat, tepat, akurat dan benar. Selain kecepatan diagnosa penyakit dan pemberian pengobatan yang tepat, keberhasilan penanganan penyakit ini sangat tergantung pada pencegahan penularan dengan menjaga kebersihan lingkungan terutama dengan menghilangkan tepat perindukan nyamuk Aedes aegypti.

Fooging di sekitar rumah penderita untuk menbunuh nyamuk dewasa

Dalam kegiatan ini, petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten OKU dan Tim TGC UPTD Puskesmas Sekarjaya telah melakukan fooging di seluruh area rumah penderita dan sekitarnya termasuk selokan dan tempat yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk. Selain itu juga telah dilakukan sosialisasi kepada masyarakat dan sekaligus pembagian bubuk abate kepada masyarakat sebagai salah satu upaya pencegahan penularan DBD melalui program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan penerapan 3M Plus.

Pemberian bubuk abate untuk membunuh jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti

Dalam kesempatan ini Plt. Kepala UPTD Puskesmas Sekarjaya Ansori,SKM.,MKM mengajak semua warga khususnya RT.05 untuk semakin peduli dengan kebersihan dan persoalan sampah yang ada disekitar lingkungan rumah termasuk tempat bermain anak-anak. ” Kegiatan Fogging dan PSN Plus ini dilakukan sebagai salah satu bentuk pencegahan agar anak anak dan orang dewasa dapat terhindar dari penyakit demam berdarah,” ujar Ansori. Kontributor : Ansori, SKM, MKM.