Sukseskan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) Di Masa Pandemi : Cuci Tangan Pakai Sabun-Gunakan Masker Jika Keluar Rumah-Jaga Jarak Minimal 1 Meter Dari Orang Lain-Hindari Kerumunan-Kurangi Mobilitas-Vaksinasi Covid-19 Lengkap

Kegiatan

UPTD Puskesmas Sekar Jaya Tindak Lanjuti Gebyar Pemeriksaan IVA Serentak dengan Layanan Pemeriksaan IVA Rutin

Rusmini WiyatiMar 29, 2023
Ketua TP PKK Kabupaten OKU meghimbau wanita usia subur yang sudah memiliki pasangan untuk rutin melakukan pemeriksaan IVA

Gebyar pemeriksaan IVA serentak yang dicanangkan di Kabupaten OKU Sabtu (18/03/2023) yang lalu oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten OKU Hj. Zwesti Karenia Teddy di tiga Puskesmas Kabupaten OKU, yaitu UPTD Puskesmas Sekar Jaya, Tanjung Baru dan Penyandingan tidak hanya berhenti pada hari itu saja, akan tetapi masih tetap berlangsung pemeriksaannya hingga saat ini di puskesmas Kabupaten OKU termasuk UPTD Puskesmas Sekar Jaya.

Foto bersama Ketua TP PKK Kabupaten OKU, Tim Dinas Kesehatan dan UPTD Puskesmas Sekar Jaya

Layanan IVA Test di UPTD Puskesmas Sekarjaya dibuka setiap hari Rabu dan Jum’at pukul 09.00-11.00 WIB, sekaligus juga layanan pemeriksaan payudara klinis (Sadanis). Pemeriksaan IVA Test dan Sadanis ini merupakan salah satu upaya deteksi dini untuk menemukan tanda-tanda (kondisi abnormal) dari leher rahim dan payudara yang dapat berkembang menjadi penyakit kanker leher rahim dan kanker payudara.

Kanker merupakan salah satu masalah kesehatan terbesar di Indonesia dan menjadi penyebab kematian tertinggi kedua setelah penyakit kardiovaskuler. Berdasarkan data Riskesdas, prevalensi tumor/ kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per 1000 penduduk di tahun 2013 menjadi 1,79 per 1000 penduduk pada tahun 2018, dua jenis kanker  terbanyak di Indonesia yaitu kanker payudara dan kanker leher rahim.

Syarat pemeriksaan USG di UPTD Puskesmas Sekar Jaya

Selain kematian akibat penyakit kanker leher lahir dan kanker payudara, kematian ibu pada saat hamil, bersalin dan nifas juga masih cukup tinggi, berdasarkan laporan Seksi Kesga Dinas Kesehatan Kabupaten OKU tahun 2022 masih ditemukan 12 kasus kematian ibu (AKI : 199/100.000 KH). Salah satu upaya untuk menekan kasus kematian ibu, UPTD Puskesmas Sekar Jaya juga melayani pemeriksaan ibu hamil dengan menggunakan USG untuk mendeteksi adanya kelainan pada kehamilan . Pemeriksaan USG dibuka setiap hari Selasa dan Kamis pukul 09.00-11.00 WIB.

Kedua pemeriksaan di puskesmas ini merupakan langkah nyata dari UPTD Puskesmas Sekar Jaya dalam upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan wanita di wilayah kerjanya dengan menekan angka kesakitan dan kematian pada wanita usia subur. (Kontributor : Ansori, SKM, MKM)