Kegiatan

Gema Cermat UPTD Puskesmas Lubuk Rukam

Rusmini Wiyati Jun 16, 2022
Peserta Penyuluhan Gema Cermat bersama Apoteker UPTD Puskesmas Lubuk Rukam dan Ketua TP PKK Desa Espetiga

Antibiotik adalah obat yang digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi bakteri, masalahnya sampai saat ini masih ada kesalahan pemahaman dan kekeliruan terhadap panggunaan Antibiotik, diantaranya yaitu anggapan yang salah di masyarakat bahwa Antibiotik merupakan obat dari segala penyakit dan lalai dalam menghabiskan atau menyelesaikan pengobatan Antibiotik. Penggunaan Antibiotik yang tidak tepat selain menjadi pemborosan secara ekonomi juga berbahaya secara klinis, yaitu resistensi bakteri terhadap Antibiotik. Resistensi terjadi saat bakteri mengalami kekebalan dalam merespon Antibiotik yang awalnya sensitif dalam pengobatan.

Tanggung jawab pengendalian dan pencegahan resistensi Antibiotik tidak hanya dibebankan pada satu pihak, misalnya pemerintah saja, dibutuhkan keterlibatan semua pihak melalui strategi yang komprehensif . Untuk itu perlu kesadaran dan kepedulian serta upaya pengendalian bersama dari tenaga kesehatan, fasilitas pelayanan kesehatan, dan masyarakat. Apoteker di Puskesmas sebagai tenaga kesehatan wajib memberikan pelayanan informasi obat kepada pasien dan masyarakat.

Penggunaan antibiotik dengan Gerakan Lima T

Dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang penggunaan antibiotika yang bijak, UPTD Puskesmas Lubuk Rukam telah melakukan Kegiatan Gema Cermat (Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat) kepada seluruh kader posyandu di 10 posyandu yang ada di 7 desa wilayah kerja UPTD Puskesmas Lubuk Rukam dengan tujuan agar Kader Posyandu dapat membantu menyebar luaskan informasi tentang penggunaan obat secara bijak khususnya antibiotik.

BIJAK menggunakan antibiotik berarti : B = Beli Antibiotik hanya dengan resep dokter I = Ikuti petunjuk penggunaan Antibiotik J = Jeli dan berani bertanya kepada dokter apakah ada Antibiotik yang diberikan A = Awasi penggunaan Antibiotik dirumah
K = Konsultasi ke dokter jika sakit lebih dari 3 hari

Kegiatan Gema Cermat di Desa Espetiga Kecamatan Peninjauan

Kegiatan Gema Cermat di Poskesdes Desa Espetiga hari ini Kamis (16/6/2022) juga dihadiri Kepala Desa dan Ketua TP. PKK Desa Espetiga . Setelah dilakukan penyampaian materi tentang Antibiotik dilakukan juga simulasi CBIA (Cara Belajar Insan Aktif) dimana masing-masing peserta diminta untuk menyebutkan nama dan kandungan obat, khasiat obat, dosis obat, cara penggunaan dan efek samping obat.

Kontributor : Dedy Munandar, SKM (Kepala UPTD Puskesmas Lubuk Rukam)