Kegiatan

Koordinasi, Advokasi dan Pendampingan dalam Rangka Penerapan Germas

Maya Nurjana Jul 26, 2022
Foto bersama peserta pertemuan dari Pelaksana Promkes Puskesmas

Pertemuan Koordinasi, Advokasi, dan Pendampingan dalam rangka penerapan Germas, hari ini selasa 26/07/2022 di Aula Hotel Grand Kemuning Baturaja dibuka oleh PLH Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten OKU. Pertemuan ini diselenggarakan oleh seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten OKU dengan peserta berasal dari 18 UPTD Puskesmas se Kabupaten OKU terdiri dari Pelaksana ProgramĀ  Promkes, Program Gizi, Program Kesehatan Kerja dan Olahraga.

Tujuan dari Pertemuan Koordinasi, Advokasi, dan Pendampingan dalam rangka Penerapan Germas ini dilaksanakan untuk menyamakan persepsi tentang pelaksanaan gerakan masyrakat hidup sehat dalam rangka untuk mendukung pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang optimal di wilayah kerjanya masing-masing.

Acara pembukaan Pertemuan Koordinasi, Advokasi, dan Pendampingan dalam rangka Penerapan Germas

Germas merupakan salah satu upaya promotif-preventif yang dilakukan melalui pendekatan multi sektor, yang mempunyai tujuan diantaranya menurunkan beban penyakit menular dan penyakit tidak menular. Oleh karena itu perlu digalang kerjasama dan komitmen bersama antar sektor yang terkait yang diwujudkan dalam strategi penguatan penggerakan dan pemberdayaan masayarakat melalui gerakan masyarakat hidup sehat ( GERMAS ).

Foto Bersama Peserta Pertemuan dari Pelaksana Program Gizi, Kesehatan Kerja dan Olahraga

Sedangkan Advokasi adalah upaya atau proses yang terencana untuk mendapatkan komitmen dan dukungan dari pihak-pihak yang terkait (tokoh-tokoh masyarakat baik formal maupun informal). Tujuan dari kegiatan advokasi ini adalah meningkatkan peran masyarakat untuk menerapkan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari, dan diharapkan peran lintas sektor dapat menggerakkan masyarakat untuk aktif berperilaku hidup sehat. (Editor : RW)